Workshop Perlindungan terhadap Kerentanan Data Pribadi di Malang

Tugumalang.id – Keamanan data pribadi harus menjadi prioritas dalam berinternet. Namun, seringkali keamanan dikesampingkan dengan alasan sudah nyaman hingga malas ribet mengatur ini dan itu sebelum menggunakan internet. Akibatnya, data pribadi dan privasi dari para penggunanya disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah salah satu pesan yang disampaikan dalam pemutaran film dokumenter di acara Talkshow & Workshop Malang #MakinCakapDigital hari pertama yang diselenggarakan di Kota Malang, pada Selasa (26/07/2022).

Film itu merupakan salah satu contoh pentingnya literasi digital bagi masyarakat dan pentingnya menjaga data milik pribadi agar tak mudah bocor.

Indriyatno Banyumurti (kiri), bersama Savero Karamiveta Dwipayana (tengah), dan Matahari Timoer (kanan) saat menjelaskan mengenai pentingnya melindungi data pribadi. Foto: Shinta Alifia (TuguMalang)

Pada hari pertama ini, materi disampaikan oleh Indriyatno Banyumurti dari ICT Watch. Materi yang disampaikan yakni Praktik Fundamental Privasi dan Sekuriti Digital Personal. Dia menjelaskan langkah-langkah penting yang harus dilakukan guna menjaga data diri dari bahaya yang dapat terjadi seperti peretasan, penipuan, kebocoran data, dan sebagainya.

“Misalnya, saat instal aplikasi, terms and conditions itu harus dibaca. Akses ke perangkat kita juga harus diperiksa dulu, jangan langsung di-allow semua tanpa dibaca,” pesannya.

Pria yang akrab disapa Pak IB itu menambahkan mengenai pentingnya 2FA (Two Factor Authentication). Bahwa user harus mengaktifkan 2FA yang ada di aplikasi-aplikasi yang di-install sebagai pengamanan data diri supaya tidak mudah diretas dan digunakan oleh orang lain secara sembarangan.

ICT Watch membagikan tautan s.id/jagaprivasi yang berisi banyak sekali tautan bermanfaat untuk mempermudah user melindungi data dan privasi di internet.

Tak hanya itu, dia membagikan tips agar data pribadi lebih aman dan terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Satu, unduh aplikasi pengelola password di perangkat yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menyimpan password secara terenkripsi dan hanya bisa diketahui oleh kita sendiri,” kata dia.

Kedua, pastikan password tidak mudah ditebak. Password yang mudah ditebak memungkinkan akun yang user miliki jadi lebih mudah diretas. Lebih baik gunakan kombinasi angka, huruf, dan tanda baca yang berbeda untuk setiap akun.

“Periksa juga perangkat-perangkat yang terhubung, apabila tidak mengenali perangkat itu maka sebaiknya log out,” pesannya.

“Jangan sampai log in sembarangan juga karena hal tersebut dapat menyebabkan data pribadi menyebar secara bebas dan digunakan secara tidak bertanggung jawab,” kata dia.

Acara Talkshow & Workshop Malang #MakinCakapDigital digelar atas kerja sama antara Tugu Media Group, ICT Watch, Relawan TIK, Portkesmas, APJII, Suara.com, Siber Kreasi, dan Kementerian Kominfo.

Artikel ini telah tayang di TuguMalang.id dengan judul “ICT Watch Kupas Perlindungan Data Pribadi di Talkshow & Workshop Malang #MakinCakapDigital“, 

Reporter: Shinta Alifia Editor: Lizya Kristanti