Literasi Digital

YouTube Hapus Video QAnon yang Mendorong Kekerasan

Internet Sehat : YouTube menjadi perusahaan Silicon Valley terbaru yang memperbarui kebijakan moderasi seputar teori konspirasi QAnon. YouTube mengumumkan bahwa konten yang menargetkan atau melecehkan orang berdasarkan teori konspirasi akan dihapus. Namun, YouTube tidak akan mengeluarkan larangan menyeluruh pada konten QAnon.

Dalam blog resmi perusahaan yang dirilis pada Kamis (15/10) YouTube mencoba untuk mengekang pelecehan dan kebencian dengan menghapus lebih banyak konten teori konspirasi yang digunakan untuk membenarkan kekerasan di dunia nyata.

Artinya, jika orang-orang memposting video tentang QAnon dan menuduh apa pun yang dapat mengakibatkan bahaya atau pelecehan nyata bagi orang atau kelompok tertentu, video tersebut akan dihapus. Blog YouTube tidak membahas apakah akun tersebut akan dihapus atau tidak, meskipun YouTube cenderung menerapkan kebijakan tiga teguran sebelum saluran dihapus.

YouTube telah menghabiskan beberapa waktu memperbarui kebijakannya selama beberapa tahun terakhir untuk menargetkan video kebencian, beberapa di antaranya termasuk video teori konspirasi. Kebijakan tersebut seharusnya membatasi rekomendasi algoritmik dari jenis video tersebut dan jumlah penayangan untuk konten QAnon yang berasal dari rekomendasi non-subscriber telah turun lebih dari 80 persen sejak Januari 2019.

Meskipun YouTube adalah perusahaan terbaru yang mengambil sikap tambahan terhadap teori konspirasi QAnon, platform sosial lain juga mulai mengambil sikap yang lebih tegas.

Facebook melarang konten yang terkait dengan QAnon minggu lalu, meskipun posting dari akun individu masih bisa dilakukan. Hal tersebut merupakan langkah terbesar yang diambil Facebook dalam perjuangannya yang berkelanjutan melawan penyebaran informasi yang salah di platform. Pinterest mengikutinya, mengatakan akan melarang semua konten QAnon. Peloton juga menghapus hashtag yang terkait dengan teori konspirasi.

Blog YouTube menambahkan bahwa pihaknya telah menghapus puluhan ribu video QAnon dan menghentikan ratusan saluran sejak kebijakan yang diperbarui diberlakukan. Perusahaan menyebut pekerjaan itu sangat penting dalam membatasi jangkauan konspirasi berbahaya, tetapi mengakui masih banyak yang harus dilakukan.

Sumber : The Verge

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.