Literasi Digital

YouTube Larang Ribuan Akun China Terkait Coordinated Influence Operations

Internet Sehat : YouTube telah melarang sejumlah besar akun China yang menurut mereka terlibat dalam Coordinated Influence Operations pada masalah politik. YouTube mengumumkan sebanyak 2.596 akun dari China dihapus dari April hingga Juni, jumlah tersebut jauh lebih besar bila dibandingkan dengan 277 akun dalam tiga bulan pertama 2020.

Menurut Google, saluran-saluran yang dihapus tersebut sebagian besar mengunggah spam, konten non-politik, tetapi sebagian kecil memposting konten politik terutama dalam bahasa China mirip dengan temuan dalam laporan Graphika baru-baru ini, termasuk konten yang terkait dengan respons AS terhadap COVID-19.

Laporan Graphika, berjudul Return of the (Spamouflage) Dragon: Pro Chinese Spam Network Tries Again merinci serangkaian besar akun di YouTube, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya yang mulai diaktifkan awal tahun ini yang tampaknya menjadi bagian dari propaganda pengaruh secara global.

Jaringan tersebut menggunakan banyak rekaman video yang diambil dari saluran pemerintah pro-China, bersama dengan meme dan teks panjang dalam bahasa Mandarin dan Inggris. Konten tersebut diselingi konten politik dengan posting spam, biasanya pemandangan, bola basket, model, dan video TikTok. Tampaknya hal tersebut dirancang untuk menyamarkan konten operasi politik operasi.

Google mencatat bahwa kampanye China, serta yang lain dari Rusia dan Iran, adalah multi-platform, karena temuan serupa dilaporkan oleh Facebook, Twitter dan lembaga cybersecurity seperti FireEye.

Sumber : Techcrunch

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.