Literasi Digital

YouTuber Hadapi Tuntutan Hak Cipta Senilai 6.000 US Dollar

Dua YouTuber telah diberitahu untuk membayar 6.000 dollar AS atau berisiko kehilangan saluran YouTube mereka sepenuhnya. Dua YouTuber tersebut, yaitu MXR dan Potastic Panda. Mereka dikenal karena membuat video di mana mereka bereaksi terhadap meme dan konten online lainnya.

Namun ternyata empat video yang mereka tonton telah dibeli oleh perusahaan media yang kemudian menagih mereka dengan tagihan karena melanggar hak cipta. Kecuali mereka membayar, saluran mereka sekarang dapat dihapus karena alasan sistem hak cipta YouTube.

Saluran menerima teguran jika pemilik hak cipta memberi tahu YouTube secara resmi bahwa telah terjadi pelanggaran hak cipta. Jika saluran menerima tiga teguran, saluran YouTube tersebut bisa dihentikan atau ditutup.

MxR Plays adalah saluran YouTube yang sering melibatkan video reaksi – di mana orang memfilmkan diri mereka sendiri untuk bereaksi mulai dari meme hingga trailer film.

MXR dan Potastic Panda, YouTuber mengatakan mereka telah menerima empat klaim hak cipta dalam tagihan yang sama dari Jukin Media. Saluran bersama mereka memiliki 840.000 pelanggan dan MXR memiliki pengikut pribadi lebih dari dua juta. MXR memposting tweet kekhawatirannya karena aturan tiga peringatan, jika dia tidak membayar Jukin Media dapat menghubungi Google dengan klain keempat sekaligus dan berpotensi menghapus saluran mereka.

Sumber: BBC

Similar Posts