Yubico Berikan 20.000 YubiKeys ke Pemerintah Ukraina

Internet Sehat : Pada awal bulan Maret 2022, seorang pakar keamanan menemukan cara untuk memperkuat pertahanan keamanan siber Ukraina dengan mengganti salah satu tautan terlemah, yaitu kata sandi dengan kunci keamanan fisik.

CEO Hideez, Oleg Naumenko melihat kebutuhan sejak awal perang untuk sistem otentikasi yang lebih baik untuk lembaga pemerintah dan organisasi infrastruktur penting sehingga ia meminta bantuan Yubico untuk memberikan kunci keamanan ke pemerintah Ukraina.

Yubico telah mendistribusikan 10.000 kunci saat ini dan berencana untuk menyumbangkan 10.000 lebih kunci fisik lainnya. Stina Ehrensvard, CEO dan pendiri Yubico, mengatakan kolaborasi dengan Hideez dan pemerintah Ukraina menggabungkan teknologi kartu pintar dengan kunci keamanan FIDO untuk membuat satu titik akses untuk semua layanan.

Server otentikasi Hideez sekarang mendukung kartu pintar, otentikasi FIDO, dan YubiKeys. Kunci digunakan di banyak organisasi, termasuk:

  1. SSSCIP, Layanan Negara Komunikasi Khusus dan Perlindungan Informasi Ukraina
  2. Kementerian Transformasi Digital, menuju modernisasi TI dan layanan elektronik pemerintah generasi berikutnya
  3. Perusahaan energi dan pembangkit listrik milik pemerintah
  4. Organisasi pengelola domain .UA Ukraina Hostmaster.UA

Seorang eksekutif keamanan siber di pembangkit energi Ukraina mengatakan dalam sebuah posting blog di situs Yubico, operator pembangkit tidak dapat mengandalkan autentikasi warisan atau berbasis seluler karena jenis phishing dan serangan man-in-the-middle yang canggih, serta volume serangan siber secara keseluruhan.

Menurutnya, aspek penting dari YubiKeys adalah ia dibuat sebagai perangkat multiguna dan multi-protokol, yang memungkinkan mereka menggunakan autentikator yang sama untuk login PC, akses VPN, produktivitas berbasis cloud, sistem email, sistem ERP, dan perangkat seluler.

Pekerja di pabrik telah mengubah kata sandi mereka setiap hari sebagai tindakan keamanan tambahan dan karena stres bekerja di zona perang. YubiKeys secara signifikan meningkatkan keamanan dan juga membuat akses di banyak sistem TI lebih cepat dan lebih mudah, yang sangat melegakan bagi karyawan. Mereka percaya YubiKeys sama pentingnya dengan pertahanan dunia maya, ibaratnya seperti rompi anti peluru yang melindungi tentara dan orang lain yang berada di garis depan perang darat.

Sumber : Tech Republic