Zoë Roth Jual Meme Disaster Girl sebagai NFT 473.000 Dollar AS

Zoë Roth Jual Meme Disaster Girl sebagai NFT 473.000 Dollar AS

Internet Sehat : Perempuan dalam meme viral Disaster Girl telah menjual foto aslinya seharga 473.000 dollar AS. Zoë Roth, sekarang 21, menjadi terkenal di internet ketika dia saat berusia empat tahun berdiri di depan gedung yang terbakar dengan seringai jahat di wajahnya. Gambar tersebut telah menjadi meme bagi siapa pun yang berharap untuk menggambarkan adegan bencana atau tindakan nakal.

Roth menjualnya di lelang pada hari Kamis sebagai non-fungible token (NFT) atau sering disebut sebagai sertifikat kepemilikan digital.

Pada bulan Januari 2005, Zoe Roth dan ayahnya Dave pergi untuk melihat sebuah peristiwa kebakaran yang terkendali di mana api yang dengan sengaja dinyalakan untuk membersihkan sebuah properti di lingkungan mereka di Mebane, North Carolina. Roth, seorang fotografer amatir, mengambil foto putrinya yang sedang tersenyum nakal di depan kobaran api tersebut. Setelah memenangkan hadiah fotografi pada tahun 2008, gambar itu menjadi viral ketika diunggah secara online.

Roth, sekarang seorang mahasiswi, telah menjual salinan asli meme-nya sebagai NFT untuk 180 Ethereum, suatu bentuk cryptocurrency, kepada seorang kolektor bernama @ 3FMusic.

NFT adalah token digital unik, dienkripsi dengan tanda tangan artis, yang memverifikasi kepemilikannya dan dilampirkan secara permanen ke karya tersebut. Ini memungkinkan versi asli dari konten online populer – seperti meme viral dan tweet untuk dijual seolah-olah itu adalah karya seni fisik.

NFT ditandai dengan kode yang memungkinkan Roths untuk mempertahankan hak cipta dan menerima 10% keuntungan dari penjualan di masa depan.

Sejak pertama kali muncul, meme Disaster Girl telah menjadi miliknya sendiri. Pembuat meme telah mengeditnya menjadi gambar bencana alam dan kecelakaan seperti Titanic. Roth mengatakan dia senang melihat ratusan versi fotonya.

Sumber : BBC

Sumber Foto : The Guardian

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.