Literasi Digital

Zoom Tambahkan Choose Your Own Routing Adventure

Zoom terus berpacu dengan waktu untuk memberikan upgrade keamanan bagi penggunanya. Kali ini Zoom telah mengumumkan bahwa penggunanya akan segera dapat memilih kemana lalu lintas internet mereka pergi.

Fitur baru ini akan membantu pengguna di tempat-tempat seperti Taiwan, di mana pemerintah melarang Zoom setelah mengetahui lalu lintas internet bisa melewati Beijing.

Zoom mengumumkan bahwa mulai 18 April, setiap pelanggan Zoom berbayar dapat memilih masuk atau keluar dari wilayah pusat data tertentu. Fitur ini akan menentukan server rapat dan konektor Zoom yang dapat digunakan untuk terhubung ke rapat Zoom atau webinar yang di-hosting dan memastikan layanan berkualitas terbaik. 

Perubahan tersebut berarti bahwa administrator pengguna Zoom berbayar dapat memilih masuk atau keluar dari lalu lintas yang melewati pusat data perusahaan konferensi video di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, India, Australia, Cina, Amerika Latin, dan Jepang / Hong Kong. Sementara, pengguna gratis akan dikunci ke pusat data terdekat dan tidak pernah dialihkan ke China.

Pengguna yang berbasis di China, jika admin akun belum memilih ke pusat data China pada tanggal 25 April, akun tidak akan dapat terhubung ke pusat data China daratan Zoom untuk transit data.

Sumber: The Register

Similar Posts