Apple Dikritik Terkait Sistem Deteksi Konten Pelecehan Anak

Apple Dikritik Terkait Sistem Deteksi Konten Pelecehan Anak

Internet Sehat : Apple kini tengah menghadapi kritik atas sistem baru untuk menemukan konten pelecehan seksual anak (child sexual abuse material, CSAM) di perangkat Apple bagi pengguna di Amerika Serikat.

Teknologi tersebut akan mencari kecocokan CSAM yang diketahui sebelum gambar disimpan ke foto iCloud. Akan tetapi ada kekhawatiran bahwa teknologi tersebut dapat diperluas dan digunakan oleh pemerintah otoriter untuk memata-matai warganya sendiri.

Pimpinan WhatsApp Will Cathcart menyebut langkah Apple sangat mengkhawatirkan.

Apple mengatakan bahwa versi baru iOS dan iPadOS yang akan dirilis akhir tahun ini akan memiliki aplikasi kriptografi baru untuk membantu membatasi penyebaran CSAM online, sambil merancang untuk privasi pengguna.

Sistem akan melaporkan kecocokan yang kemudian ditinjau secara manual oleh manusia. Kemudian dapat mengambil langkah-langkah untuk menonaktifkan akun pengguna dan melaporkan ke penegak hukum.

Apple mengatakan bahwa teknologi baru menawarkan manfaat privasi yang signifikan atas teknik yang ada karena Apple hanya mengetahui tentang foto pengguna jika mereka memiliki koleksi materi pelecehan seks anak yang diketahui di akun iCloud mereka.

Akan tetapi Cathcart dari WhatsApp mengatakan sistem tersebut dapat dengan mudah digunakan untuk memindai konten pribadi untuk apa pun yang mereka atau pemerintah ingin kendalikan. Negara-negara tempat iPhone dijual akan memiliki definisi berbeda tentang apa yang dapat diterima.

Dia berpendapat bahwa sistem WhatsApp untuk menangani materi pelecehan seksual anak telah melaporkan lebih dari 400.000 kasus ke National Center for Missing and Exploited Children Amerika Serikat tanpa melanggar enkripsi.

Electronic Frontier Foundation, sebuah kelompok hak digital, juga mengkritik langkah tersebut, dengan melabelinya sebagai sistem yang dibangun sepenuhnya hanya menunggu tekanan eksternal untuk membuat perubahan sekecil apa pun.

Namun beberapa politisi menyambut baik perkembangan Apple. Sajid Javid, Menteri Kesehatan Inggris, mengatakan sudah waktunya bagi orang lain, terutama Facebook untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh Apple.

Senator AS Richard Blumenthal juga memuji langkah Apple, menyebutnya sebagai langkah yang disambut, inovatif, dan berani. Langkah tersebut menunjukkan bahwa kita dapat melindungi anak-anak dan hak privasi mendasar pengguna.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.