Privasi & Data Pribadi

Perhatian! Jangan Buka Email Winky Face

Internet Sehat : Kampanye spam email yang sangat berhasil menginfeksi komputer dengan ransomware dan malware lain seperti cryptocurrency miners dan perangkat lunak botnet yang dapat mengirim pesan spam dari akun pengguna tanpa disadari kini sedang banyak terjadi.

Upaya phishing biasanya mudah ditangkap, tetapi yang satu ini menipu cukup banyak pengguna untuk membuka pesan spam dan mengunduh file Zip berbahaya yang merupakan malware kedua yang paling banyak dilaporkan pada Juni 2020, menurut perusahaan cybersecurity Check Point.

Trik kampanye spam yang sangat sukses tersebut adalah dengan mengirim email dengan winky face dalam baris subjek e-mail. Kampanye ini didukung oleh botnet Phorpiex yang terkenal kejam. Botnet adalah kelompok besar komputer yang telah terinfeksi malware bot dan digunakan oleh peretas untuk mengirim malware melalui email dan aplikasi perpesanan lainnya secara massal. Komputer dapat menjadi bagian dari botnet tanpa sepengetahuan pengguna dan tidak harus terinfeksi dengan malware yang sama dengan yang ia sebarkan ke mesin lain. Juga tidak ada komputer host pusat sehingga selama setidaknya satu perangkat terinfeksi dengan malware bot dan dieksploitasi, botnet masih ada secara teknis.

Jadi, jika tiba-tiba menerima email dengan emoji yang berkedip dan dengan nama yang menarik dalam bentuk file zip, jangan dibuka. File zip tersebut mungkin hanya malware dan mengunduhnya adalah risiko besar bagi keamanan dan privasi. Jika dikirim oleh seseorang yang dikenal, hubungi mereka dengan cara lain (jangan balas email) dan beri tahu mereka bahwa komputer mereka mungkin telah dikompromikan.

Sumber : Lifehacker

Sumber Foto : Blog Mailrelay

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.