LISENSI Internet Sehat

Terimakasih Anda telah berminat untuk mengembangkan dan menyebarluaskan semangat dan konten Internet Sehat. Mohon perhatian sebelumnya, ada 2 (dua) jenis lisensi “Internet Sehat” yang dimaksud di sini, yaitu A). Lisensi Nama/Merek dan B). Lisensi Konten/Isi. Silakan cermati keduanya agar sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Catatan: Sepanjang untuk keperluan non-komersial, maka siapapun tidak perlu meminta Surat Lisensi (Hak Pakai) atas Internet Sehat. Artinya, sepanjang untuk keperluan non-komersial, siapapun boleh menggunakan nama dan konten Internet Sehat.

A). LISENSI NAMA (MEREK) “INTERNET SEHAT”

A.1. KETERANGAN TERDAFTAR

ICT Watch adalah pemegang hak penggunaan nama (merek) “INTERNET SEHAT” berdasarkan keputusan Dirjen HAKI, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Susunan kata “INTERNET SEHAT” telah terdaftar sebagai merek pada Ditjen HAKI pada tanggal 21 Oktober 2010, dengan nomor pendaftaran IDM00276610.

A.2. LISENSI (Hak Pakai)

Agar dapat terus memberikan dukungan dan arahan atas berbagai program yang relevan dengan gerakan Internet Sehat di masyarakat, maka ICT Watch sebagai pemegang nama “INTERNET SEHAT” bilamana dirasa perlu, dapat menerbitkan  Surat Lisensi (Hak Pakai) untuk mempertegas hak dan kewajiban yang melekat dalam pemanfaatan/penggunaan nama “INTERNET SEHAT” khusus untuk keperluan komersial.

A.3. SURAT LISENSI

Surat Lisensi “INTERNET SEHAT”, selanjutnya disebut “surat”, dapat diberikan kepada pribadi dan atau badan hukum yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Penerima surat adalah pribadi, badan hukum (usaha) dan organisasi / perkumpulan minat (komunitas) / sekolah dan yayasan yang berkomitmen untuk mengembangkan penetrasi Internet yang positif serta meningkatkan pertumbuhan konten lokal yang bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Penerima surat diberikan hak menggunakan nama “INTERNET SEHAT” untuk keperluan komersial sepanjang tidak bertentangan dan/atau dapat menimbulkan dampak negatif pada program dan/atau nama “INTERNET SEHAT”, atau bertentangan dengan peraturan hukum Indonesia terkait.
  3. Surat tersebut juga merupakan Lisensi untuk jangka waktu 12 (dua belas) bulan dan dapat diperpajang sesuai dengan kesepakatan bersama.
  4. ICT Watch dapat mengakhiri secara sepihak surat tersebut apabila dikemudian hari terdapat bukti bahwa terjadi penggunaan atau pemanfaatan nama “INTERNET SEHAT” yang bertentangan dengan ketentuan surat ini.

A.4. CARA MENDAPATKAN SURAT DUKUNGAN & LISENSI

PENERIMA HAK
KEGIATAN SYARAT PENGAJUAN
Pribadi / Komunitas /  Kelompok / Yayasan / Pendidikan (Formal/Informal) / LSM, Organisasi Non-Profit

Non Komersial

  1. Tidak perlu mengisi formulir online
  2. Tidak perlu memiliki Surat Lisensi
  3. Tidak perlu membayar biaya lisensi.

Komersial

  1. Mengisi formulir online
  2. Wajib memiliki Surat Lisensi
  3. Membayar biaya lisensi: Rp 0,- (nol rupiah)
  4. Memberikan salinan produk / dokumentasi kegiatan terkait.
  5. Wajib memberikan dukungan terhadap program ICT Watch yang relevan dan terkait, berdasarkan kesepakatan.
Badan Usaha / Perusahan / Entitas Bisnis / Lembaga Pemerintah (Pusat / Daerah), Kementerian / Lembaga, Sektor Bisnis / Swasta Non Komersial
  1. Mengisi formulir online
  2. Wajib memiliki Surat Lisensi
  3. Khusus untuk keperluan “komersial”, wajib membayar biaya lisensi sesuai kesepakatan dengan pihak ICT Watch. Sedangkan untuk keperluan “non-komersial”, biaya lisensi adalah: Rp 0,- (nol rupiah)
  4. Memberikan salinan produk / dokumentasi kegiatan terkait.
  5. Wajib memberikan dukungan terhadap program ICT Watch yang relevan dan terkait, berdasarkan kesepakatan.
Komersial

Catatan: isian pada formulir online akan menjadi bahan pertimbangan kami untuk dapat memberikan Surat Lisensi atau dukungan yang lebih jauh lagi. Kami tidak menjamin seluruh permohonan Surat Lisensi akan kami tindaklanjuti, juga berdasarkan pertimbangan di atas. Penyalahgunaan nama “Internet Sehat” akan memiliki konsekuensi hukum sebagaimana telah diatur dalam undang-undang. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi info[at]ictwatch.id

A.5. FORMULIR ONLINE







A.6. Salinan Sertifikat Nama (Merek) “INTERNET SEHAT” (silakan klik untuk melihat lebih besar):

B). LISENSI KONTEN (ISI) “INTERNET SEHAT”

B.1. KETERANGAN TERDAFTAR

Sebagian dan/atau keseluruhan konten di buku Internet Sehat ini (dalam bentuk hardcopy/ cetak maupun softcopy/digital) telah dilindungi dan didaftarkan hak ciptanya berdasarkan surat yang dikeluarkan Ditjen HaKI pada tanggal 9 April 2010, dengan nomor pendaftaran 046497.

Internet Sehat Media

B.2. LISENSI (Hak Pakai)

Untuk penggunaan konten “Internet Sehat” bagi keperluan non-komersial, pendidikan, pemberdayaan komunitas maupun masyarakat madani, digunakan lisensi Creative Common: Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported (CC BY-NC-SA 3.0)

Dengan lisensi tersebut, maka siapapun diperbolehkan untuk:

  • menggandakan, membagi, mendistribusikan, mengirimkan dan/atau mentransmisikan konten “Internet Sehat”,
  • menggunakan dan/atau mengombinasikan konten “Internet Sehat” dengan konten lainnya sesuai dengan kebutuhkan,

sepanjang memenuhi kondisi-kondisi sebagai berikut:

  • tidak untuk produk/barang/jasa/kegiatan yang bersifat komersial,
  • harus memberikan atribusi / kredit dengan menyebutkan dan/atau mencantumkan secara jelas dan tepat bahwa sumber atau salah satu sumber konten yang digunakan diambil dari “Internet Sehat – www. internetsehat.id”,
  • hasil karya dalam bentuk apapun yang menggunakan konten “Internet Sehat” harus menggunakan lisensi Creative Commons.

Silakan download materi Internet Sehat

[Tim Internet Sehat]