ISBA 2010

[Program sudah usai, silakan lihat daftar pemenangnya]

Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010 ini adalah kelanjutan dari ISBA 2009, sebuah penghargaan sepanjang tahun yang diberikan kepada pengelola blog (blogger), boleh perseorangan ataupun berkelompok, yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam bentuk tulisan di blog. Tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan pembaca untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Indonesia.

Silakan cek pemenang ISBA 2010.

UPDATED: atas masukan dari berbagai pihak, maka web yang akan dinilai kontennya tidak hanya terbatas pada blog, tetapi juga model kumpulan informasi online dalam bentuk lainnya baik berupa portal, wiki, jejaring sosial dan sebagainya. Nama Internet Sehat Blog Award menjadi Internet Sehat Blog & Content Award.


Motto ISBA 2010: “INTERNET SEHAT, KONTEN SEMPURNA”

JENIS KONTEN :

Situs yang akan dinilai akan dibagi atas 9 (sembilan) jenis konten, yaitu:

  1. education (situs tentang dunia pendidikan, formal/informal, atau tentang ilmu pengetahuan yang relevan dan digunakan dalam proses belajar-mengajar)
  2. family (situs tentang problematika keluarga, kesehatan ibu-anak, kehidupan remaja, perencanaan keuangan dan rumah/taman)
  3. student (situs yang dibuat dan dikelola oleh siswa SD-SMP-SMA, baik yang sifatnya blog personal, kelompok, maupun mading online)
  4. techno (situs tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru, termasuk soal ICT, software/hardware maupun sains umum)
  5. citizen journalist (informasi tentang ulasan/liputan/analisis yang terkait dengan aneka berita/informasi yang dekat dekat dengan pembaca serta faktual)
  6. lifestyle (situs yang kental dengan tulisan gaya hidup, semisal shopping, buku, film, musik, pernak-pernik, otomotif, dan sebagainya)
  7. business (situs yang menyelenggarakan jual-beli produk dan/atau jasa secara online, baik yang dikelola oleh perseorangan ataupun kelompok)
  8. variety (situs yang isinya bervariasi dan aneka macam jenis artikel, tetapi disajikan dengan karakter yang kuat dari penulisnya)
  9. inspiring (situs dengan konten yang unik dari sisi kreativitas isi, yang tidak termasuk dari kriteria di atas)

Kumpulan informasi atau situs tersebut di atas bebas dihostingkan dimana saja dan dengan domain apapun. Tetapi sangat dianjurkan untuk diletakkan di layanan lokal (dalam negeri), walaupun hal tersebut tidak akan mempengaruhi penilaian.

KATEGORI PENGHARGAAN :

  1. BRONZE (2 situs pilihan per 1 minggu, dinilai dari situs yang didaftarkan dan/atau blog/web walking)
  2. SILVER (3 situs pilihan per 1 bulan, di pilih dari 8 bronze situs sebelumnya)
  3. GOLD (3 situs pilihan per 3 bulan, di pilih dari 9 silver situs sebelumnya)
  4. PLATINUM (3 situs pilihan per 1 tahun, di pilih dari 12 gold situs sebelumnya)

TIM PENILAI :

POIN PENILAIAN :

  1. konten yang kreatif, unik dan kontekstual serta memiliki nilai tambah (bermanfaat) bagi pembacanya
  2. konten tidak sekedar copy-paste dari sumber lain (jika berupa saduran, diperbolehkan asal tetap menyebutkan sumbernya)
  3. konten dapat berupa fitur, berita, opini, ulasan, ringkasan, kajian, tips, kiat, reportase, dll.
  4. konten diharapkan berbahasa Indonesia (tetapi juga boleh berbahasa inggris), formal maupun informal, teknis maupun non-teknis, sepanjang mudah dipahami pembaca umum
  5. situs di-update secara berkala (rutin) dan harus tercantum data diri yang benar (minimal nama + e-mail valid)

Catatan: silakan simak blog para pemenang ISBA 2009, untuk menggali inspirasi. Baca juga 10 kiat ngeblog yang baik dari Jonru, Pemenang ISBA 2009.

CARA MENDAFTAR :

Untuk ikutan ISBA 2010 ini, caranya mudah. Tidak perlu menggunakan formalitas pendaftaran apapun, dan pastinya tidak dipungut biaya apapun ( alias gratis!). Anda boleh merekomendasikan situs Anda sendiri, situs rekan Anda atau situs yang Anda sukai. Caranya:

  1. Anda pasang salah satu banner di bawah ini pada halaman depan (side-bar) situs Anda (jika Anda merekomendasikan situs Anda sendiri)

  2. Berikan tautan (link) pada salah satu banner di atas yang telah dipasang di situs Anda tersebut ke url http://www.ictwatch.com/internetsehat (kalau bingung caranya, cukup copy-paste script banner ISBA 2010 di situs Anda).
  3. Anda juga harus sudah tergabung sebagai member pada Page Facebook Internet Sehat dan/atau follower pada Twitter Internet Sehat (bagi yang telah memiliki akun di Facebook dan/atau Twitter)
  4. Silakan kirimkan informasi alamat blog di atas ke e-mail blog2010 [at] ictwatch.com. Seluruh rekomendasi yang masuk, akan di-review kelayakannya.
  5. Secara berkala, tim Internet Sehat akan blog/web walking, meninjau dari satu situs ke situs lainnya.

HADIAH PEMENANG :

  1. BRONZE (@ T-Shirt + Booklet Internet Sehat)
  2. SILVER (@ Flashdisk + @ Norton Internet Security 2010)
  3. GOLD (1st: qwerty cellphone, 2nd & 3rd: regular cellphone, + @ Norton 360 V4)
  4. PLATINUM (1st: laptop, 2nd & 3rd: blackberry)

Bagi pemenang yang merupakan siswa sekolah ataupun Bapak/Ibu Guru (untuk kriteria apapun), penghargaan akan disertakan pula berupa sertifikat/piagam dalam bentuk fisik (sesuai permintaan).

KLAIM HADIAH :

Setelah situs pilihan diumumkan, pengelola cukup memasang “banner award” (yang telah disediakan) di halaman depan (side-bar) situs masing-masing. Kemudian banner tersebut diberi tautan (link) ke www.ictwatch.com/internetsehat paling lambat 1 (satu) minggu setelah pengumuman. Kemudian dimohon pemenang mengirimkan e-mail notifikasi berisi data diri lengkap + alamat ke blog2010 [at] ictwatch.com. Setelah proses verifikasi, hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat pemenang. Jika telah lewat dari 1 (satu) minggu setelah pengumuman tidak ada respon dari pengelola situs, maka hadiah akan dibatalkan dan tidak dapat ditarik kembali.

PENGUMUMAN PEMENANG :

Situs yang terpilih sebagai pemenang ISBA 2010 untuk kategori apapun, akan diumumkan secara berkala di rubrik e-Community detikinet dan juga di halaman ini. Keputusan atas situs terpilih adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan juri.

Untuk edisi ISBA 2010, pengumuman perdana (kategori “bronze”) akan dilangsungkan pada minggu I Maret 2010.

BANNER AWARD

PENDUKUNG ISBA 2010

Program ini didukung sepenuhnya oleh

Jika Anda ingin mendukung kegiatan ini dalam bentuk apapun, silakan hubungi kami melalui telepon: +62-(021)-98495770 atau e-mail:

emailsurel1.jpg

[Tim Internet Sehat]

143 Comments

  1. Ini ajang kompetisi para blogger yang sangat menarik dan sehat dengan berbagai macam kategori dan para juri yang qualified. Saya sangat tertarik mengikuti kompetisi ini. BTW, kalo pake blog gratisan boleh nggak?

    • Maaf tulisan diatas kurang kata-katanya,sudah saya benarin silahkan baca yang dibawah ini:_)

      Saya mau konfirmasi blog saya buat dikutin blog award 2010 ENGGAK MENANG GPP yang penting menambah banyak teman blogger:_) blogku http://www.sukses-area.blogspot.com jangan LUPA berkunjung ya teman2:_)

  2. Pengen ikut serta neh. Oh ya, Internet Sehat sekarang jadi sering update, bagus bagus bagus. Udah alama RSS Internet Sehat nongol di blogku. Artikelnya emang bermutu banget.

      • dulu waktu facebook ma twitter belum booming di Indonesia sih punya, cuma buat dianalisis situs jejaring sosial doank, tapi setelah melihat berbagai celah kelemahan dan kemungkinan buruk yang ditimbulkan, terlebih lagi syndrom trend yang “menghidupi” kedua situs itu jadi malas buat aktif.
        tapi diusahakan deh punya…

  3. Anda juga harus sudah tergabung sebagai member pada Page Facebook Internet Sehat dan/atau follower pada Twitter Internet Sehat (bagi yang telah memiliki akun di Facebook dan/atau Twitter)
    hehehe…baru baca peraturan yang ini….!

  4. To : Panitia Blog Award 2010
    Mas, saya sudah memasang salah satu banner di blog saya,mengirimkan E-Mail,dan sdh mendapat jwbn otomatis dr mesin E-Mail blog2010@ictwatch.com,serta menjadi Member di FACEBOOK.Tapi setelah blog saya untuk beberapa hari UNDER MAINTENANCE, Banner Blog Award 2010 di Blog saya Hilang.apakah itu berarti Blog saya Belum Bisa Berpartisipasi / sistem Blog saya yang Error?? Mohon penjelasannya.sebelumnya Terima Kasih Banyak.
    Keep Blogging Friends^^

  5. Benar Mas,Sistem Blog Saya yang Error, setelah Under Maintenance.banyak Post saya yang hilang,begitu juga banner Blog Award 2010,mohon maaf banner Blog Award 2010 baru saya pasang lagi sekarang.. Semoga saya masih bisa berpartisipasi dalam lomba Blogging ini.
    Terima kasih banyak untuk balasannya..
    Go Blogging^^..

  6. Saya udah daftar, udah masang bannernya, tapi karena masih newbie jadinya ga ngerti pas diminta masukin script2nya…:( ada solusi lain?

  7. Terima kasih…saya sudah join dalam award ini…sangat beruntung sekali karena bisa join di komunitas sehat berinternet….luar biasa….TERIMA KASIH SEKALI LAGI

  8. pengen ikutan dong,, tapi saya masih blogger pemula,, mohon bantuannya.. dan sekalian mohon petunjuk yang lebih rinci,, terimakasih,.,,

  9. saya mau nanya apa saja syarat-syarat mengikuti blog award ini?dan apa saja data yang saya kirimkan kepanitia
    terimakasih

  10. Tolong tanya, kenapa pemenang Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010, Minggu ke-1 Agustus 2010, tidak memenuhi syarat pendaftaran yaitu: tidak memasang Banner dan link pada banner tersebut, tetapi bisa menang???

    Ref.lihat bagian Cara Mendaftar, yaitu :
    1. Anda pasang salah satu banner di bawah ini pada halaman depan (side-bar) situs Anda (jika Anda merekomendasikan situs Anda sendiri)
    — —
    — —

    2. Berikan tautan (link) pada salah satu banner di atas yang telah dipasang di situs Anda tersebut ke url http://www.ictwatch.com/internetsehat (kalau bingung caranya, cukup copy-paste script banner ISBA 2010 di situs Anda).

    Mohon penjelasan untuk hal ini dari tim Internet Sehat. Terima kasih.

    • halo. jadi sebenarnya memasang banner/link + mengirimkan email adalah memudahkan jika ingin blognya bisa cepat dinilai oleh tim penilai. sedangkan selain mekanisme mendaftar, tim penilai juga melakukan blogwalking. siapapun pemenangnya, dia akhirnya harus memasang banner/link sebagai syarat pengiriman hadiah 🙂

  11. Kalau sudah konfirm by email ke blog2010[at]ictwatch.com, dapet konfirm lagi nggak dari panitia layak atau tidaknya ikutan dalam Blog Award 2010 ? ditunggu jawabannya ya 🙂

    • Halo..
      Program award ini masih akan berlangsung hingga akhir tahun kok. Silakan mengirim email berisi alamat blog yang ingin diikutsertakan program ISBA ini. Keterangan lengkap baca di situs ini yaaa 🙂

  12. Saya baru tahu info ini dari baca detik.com hari ini. Sepertinya setiap blogger memang harus ikut acara ini (Blog Award 2010 -Red ). Karena juga sebagai ajang untuk tolok ukur kemampuan nge-blog kita sekaligus kalau menang lumayan juga hadiahnya :). Saya coba gabung, walupun newbie, tapi buat pengalaman juga..

  13. Terimakasih sobat Internet Sehat, sudah menyematkan award ISBA 2010 sesi #29 untuk blog saya.

    Award ini makin memotivasi saya untuk menyuguhkan konten yang hangat, akrab, menarik, dan sehat 🙂 Salam dari Palmerah

  14. saya mencoba ikut meramaikan mungkin telat tapi tetap mencoba, sudah saya kirim emailnya,,semoga2 mendapatkan respon yang baik. thanks internet sehat…

  15. Tak terasa award 2009 usai, dan kali ini award 2010 juga mau usai, baru tahu! Mencoba ikut “menanam”, biar “ladang” saya terlihat bertuan!

  16. Sbenarnya pengen banget ikutan, tp blogku msh yg gratisan dan sangat berantakan jd minder tuk ikut gabung para master2 disini.
    Udah 2 minggu ini aku masang RSS internet sehat di widget blogku, mkasih atas info nya, tp sayangnya tdk update otomatis.
    http://www.icomm.tk

32 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ayo Ikut Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010!
  2. uberVU - social comments
  3. Puspitaning Tyas’blog » Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010
  4. Satu lagi buat para Blogger: Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010! « Neoaisyah
  5. Pemenang Blog Award Minggu Kedua Maret « CHANIF CAH MBLORA
  6. Internet Sehat Blog Award 2010 | sauskecap.com
  7. Pemenang Blog Award Minggu Keempat Maret 2010 | E-do.com.au
  8. YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (32) /  Catatan Dari Hati
  9. Kompetisi Blog Internet Sehat 2010 | idebagusku.com Sumber Informasi dan Inspirasi
  10. Silver Blog, Internet Sehat Blog Award 2010 | sauskecap.com
  11. Silver Blog Award periode April 2010 «
  12. Pemenang Blog Award Minggu Keempat Mei - E-do.com.au
  13. Baltyra.com – Bronze! | BALTYRA
  14. Ini Dia, Pemenang Blog Award ‘SILVER’ Periode Mei - E-do.com.au
  15. Pemenang Blog Award Minggu Ketiga Juni - E-do.com.au
  16. Pemenang Blog Award Minggu Ketiga Juni « Febrialams's Blog
  17. 3 Hal Baik Patut Dilakukan Pemerintah Demi Indonesia Ber-Internet Sehat « Internet Sehat
  18. Peranan Pemerintah Demi Menunjang Internet Yang Sehat Dan Bermanfaat « BALEBAT | ????
  19. 3 Hal Baik Yang Dapat Dilakukan Pemerintah demi Sehatnya Internet Indonesia « Finding HYIP
  20. 3 Hal Baik untuk Dilakukan Pemerintah demi Sehatnya Internet Indonesia « Opuscom’s Weblog
  21. Gold Blog, Internet Sehat Blog Award 2010 - sauskecap.com
  22. Sisterhood of Traveling Shoes » Blog Archive » Sister! Shoeshood dapet Bronze ISBA 2010
  23. Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010 « Muhariefeffendi’s Website
  24. Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010, Sebuah Analisis? | itempoeti
  25. Keranjang Ide Tolol « bukik ideas
  26. Internet Sehat Blog Award 2010 | GaluhRistyanto.web.id
  27. Blog Award 2010 Berhadiah Laptop dan Blackberry | Muliardy Banun Online
  28. Ini Dia, Pemenang Blog Award ‘GOLD’ Periode II « Portal Lifestyle Indonesia
  29. ISBA 2010, Durian Itu Runtuh Lagi | itempoeti
  30. Pemenang Blog Award Minggu Ke-2 Desember & ‘Silver’ September-Oktober « Warta.com
  31. Kirimkan Saran dan Kritik Anda, Dapatkan Ponsel Qwerty! « Internet Sehat
  32. Platinum Blog, Internet Sehat Blog Award 2010 - sauskecap.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*