internetsehat.id

Merawat Kolaborasi Literasi Digital Indonesia

Privasi & Data Pribadi

Rumah Sakit Diserang Ransomware, Pasien Meninggal dalam Perjalanan

Internet Sehat : Seorang pasien perempuan yang berada dalam kondisi darurat meninggal dalam perjalanan setelah rumah sakit tidak dapat merawatnya selama infeksi ransomware yang melumpuhkan. Infeksi atau serangan ransomware tersebut membuat rumah sakit tidak dapat memberikan perawatan darurat.

Pasien yang tidak disebutkan namanya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit di kota lain setelah dia tidak bisa mendapatkan perawatan di Düsseldorf karena malware yang memengaruhi sistem komputer. Investigasi pembunuhan saat ini sedang dilakukan terhadap operator ransomware, yang belum diidentifikasi.

Rumah Sakit Universitas Düsseldorf mengatakan bahwa karena serangan ransomware yang telah melumpuhkan sistemnya selama lebih dari seminggu, mereka tidak dapat menerima pasien darurat. Dalam kasus ini, perempuan tersebut harus pergi ke rumah sakit lain yang jauhnya 20 mil, dan tidak dapat bertahan selama satu jam untuk menemui dokter.

Rumah sakit mengatakan bahwa mereka terinfeksi melalui kerentanan di salah satu rangkaian perangkat lunak yang digunakannya. Nama perangkat lunak dan versi yang rentan tidak diberikan, meskipun mungkin diungkapkan secara rahasia ke rumah sakit dan klinik lain.

Menurut informasi dari kejaksaan dan Kementerian Kehakiman, polisi, bekerja sama dengan spesialis eksternal dan spesialis IT klinik, kini telah mengidentifikasi indikasi spesifik penyebabnya. Berdasarkan analisis tersebut, latar belakang kegagalan tersebut adalah serangan peretas yang mengeksploitasi titik lemah dalam aplikasi.

Meskipun rumah sakit tersebut memiliki kunci dekripsi, namun membutuhkan waktu untuk memulihkan seluruh jaringannya dan kembali berjalan sehingga ketika proses tersebut berlangsung mereka tidak dapat menerima pasien darurat.

Beberapa penjahat ransomware berjanji untuk tidak masuk ke rumah sakit. Dalam kasus ini, penyerang tidak menyadari apa yang telah mereka infeksi. Rumah sakit tersebut berafiliasi dengan Universitas Düsseldorf dan diyakini para penjahat mengira mereka menutup jaringan sekolah, bukan fasilitas penyelamatan jiwa rumah sakit.

Sumber : The Register

Sumber Foto : Getty Images