internetsehat.id

Merawat Kolaborasi Literasi Digital Indonesia

Privasi & Data Pribadi

Produsen Mainan Mattel Kena Serangan Ransomware

Internet Sehat : Pembuat mainan asal Amerika Serikat Mattel mengungkapkan bahwa mereka mengalami serangan ransomware yang melumpuhkan beberapa fungsi bisnis, tetapi dapat pulih dari serangan tersebut tanpa kerugian finansial yang signifikan. Insiden tersebut terjadi pada 28 Juli 2020.

Mattel mengatakan bahwa serangan ransomware awalnya berhasil dan menghasilkan enkripsi pada beberapa sistemnya. Segera setelah mendeteksi serangan itu, Mattel mulai memberlakukan protokol tanggapan dan mengambil serangkaian tindakan untuk menghentikan serangan dan memulihkan sistem yang terkena dampak. Mattel menahan serangan tersebut dan meskipun beberapa fungsi bisnis terkena dampak sementara, Mattel dapat memulihkan operasinya.

Selama lebih dari setahun, grup ransomware telah mencuri data dan terlibat dalam skema pemerasan ganda, mengancam akan mengunggah data perusahaan yang diretas tersebut ke situs kebocoran publik kecuali korban membayar permintaan tebusan.

Namun, pembuat mainan tersebut mengatakan bahwa penyelidikan forensik berikutnya menyimpulkan bahwa geng ransomware di balik intrusi pada bulan Juli tidak mencuri data bisnis sensitif atau data pelanggan ritel, pemasok, konsumen, atau karyawan. Secara keseluruhan, Mattel tampaknya telah lolos dari insiden tersebut hanya dengan waktu henti yang singkat dan tanpa kerusakan yang serius.

Sementara perusahaan seperti Cognizant mengatakan mereka memperkirakan akan kehilangan antara 50 juta dan 70 juta dollar AS, dan Norsk Hydro melaporkan kerugian setidaknya 40 juta dollar AS setelah insiden ransomware. Mattel mengatakan serangan ransomware yang dideritanya tidak berdampak material pada operasi atau kondisi keuangannya.

Sumber : ZDNet