Privasi & Data Pribadi

Hacker Robinhood Sumbangkan Uang Curian

Internet Sehat : Sebuah kelompok hacker atau peretas menyumbangkan uang curian untuk amal. Aksi ini dianggap sebagai kejahatan dunia maya misterius pertama yang membingungkan para ahli. Para peretas darkside mengklaim telah memperoleh jutaan dolar dari banyak perusahaan, tetapi mengatakan mereka ingin menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

Dalam sebuah posting di dark web, kelompok hacker tersebut memposting tanda terima sebesar 10.000 dollar AS dalam bentuk sumbangan Bitcoin untuk dua badan amal. Salah satunya, yaitu Children International mengatakan tidak akan mengambil uang tersebut.

Dalam posting blog pada 13 Oktober, para peretas mengklaim mereka hanya menargetkan perusahaan besar yang menguntungkan dengan serangan ransomware mereka. Serangan tersebut menyandera sistem TI organisasi sampai uang tebusan dibayarkan. Mereka mengatakan bahwa lebih adil jika sebagian dari uang yang telah dibayarkan perusahaan disumbangkan.

Penjahat dunia maya tersebut memposting donasi bersama dengan tanda terima pajak yang mereka terima sebagai imbalan atas 0,88 Bitcoin yang telah mereka kirim ke dua badan amal, The Water Project dan Children International. Children International mendukung anak-anak, keluarga, dan komunitas di India, Filipina, Kolombia, Ekuador, Zambia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Kelompok peretas Darkside relatif baru, tetapi analisis pasar mata uang kripto mengonfirmasi bahwa mereka secara aktif memeras dana dari para korban. Ada juga bukti bahwa mereka mungkin memiliki tautan ke kelompok penjahat dunia maya lain yang bertanggung jawab atas serangan profil tinggi terhadap perusahaan termasuk Travelex yang dilumpuhkan oleh ransomware pada Januari yang lalu.

Cara peretas beramal juga mungkin menjadi penyebab keprihatinan penegak hukum. Penjahat dunia maya menggunakan layanan yang berbasis di AS bernama The Giving Block yang digunakan oleh 67 organisasi nirlaba berbeda dari seluruh dunia termasuk Save The Children, Rainforest Foundation, dan She’s The First. The Giving Block menggambarkan dirinya secara online sebagai satu-satunya solusi khusus nirlaba untuk menerima donasi mata uang kripto.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.