Literasi Digital

Pengemudi Dilarang Menggunakan Ponsel

Internet Sehat : Di Inggris akan menjadi ilegal bagi siapa pun untuk mengambil dan menggunakan ponsel mereka saat mengemudi. Hal ini akan berlaku resmi bawah undang-undang baru yang akan diberlakukan tahun depan.

Perubahan tersebut akan mengakhiri celah yang memungkinkan pengemudi lolos dari hukuman karena menggunakan ponsel genggam untuk mengambil foto atau bermain game. Namun, ponsel masih dapat digunakan untuk membayar takeaway drive-through.

Department for Transport Inggris mengatakan bahwa pengemudi masih akan dapat menggunakan perangkat hands-free di bawah undang-undang baru tersebut. Saat ini, melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks dilarang saat mengemudi.

Menteri transportasi Inggris menolak desakan untuk juga melarang penggunaan fungsi handsfree. Menteri transportasi Baroness Vere mengatakan penggunaan telepon genggam di belakang kemudi mengganggu dan berbahaya dan bahwa terlalu lama pengemudi yang berisiko dapat lolos dari hukuman.

Perubahan hukum akan berlaku di seluruh Inggris dan diharapkan mulai berlaku awal tahun depan, tergantung pada hasil konsultasi.

National Police Chiefs’ Council lead for Roads Policing Anthony Bangham, mengatakan bahwa menggunakan ponsel saat mengemudi sangat berbahaya dan terganggu saat mengemudi dapat mengubah hidup selamanya. Polisi akan mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang menggunakan ponsel genggam secara ilegal.

Hukuman bagi pengemudi yang ketahuan melanggar aturan penggunaan ponsel genggam adalah enam poin penalti dan denda 200 pound.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Business Insider

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.