Anak-anak Hanya Boleh Pakai 40 Menit Aplikasi Douyin, TikTok Versi China

Anak-anak Hanya Boleh Pakai 40 Menit Aplikasi Douyin, TikTok Versi China

Internet Sehat : Douyin, TikTok versi China akan membatasi penggunaan platform untuk anak-anak hingga hanya 40 menit sehari. Aturan tersebut akan berlaku untuk pengguna di bawah 14 tahun yang telah diautentikasi menggunakan nama asli mereka, dan yang dapat mengaksesnya antara pukul 06:00 dan 22:00.

Perusahaan induk Bytedance mengumumkan Youth Mode aplikasi dalam sebuah posting blog, dengan mengatakan bahwa batasan tersebut merupakan yang pertama dilakukan perusahaan video pendek di dunia.

Pembatasan ini terjadi saat China menindak penggunaan teknologi oleh remaja. Menurut perjanjian pengguna Douyin, tidak ada usia minimum di platform, tetapi di bawah 18 tahun harus mendapatkan persetujuan dari wali yang sah. TikTok aplikasi saudara dari Douyin, usia minimum pengguna adalah 13 tahun.

Konten pendidikan baru termasuk eksperimen sains, pameran museum, dan penjelajah sejarah telah diluncurkan oleh Douyin sebagai bagian dari Youth Mode. Dalam posting blog, Douyin mengakui bahwa mereka lebih ketat dengan remaja. Mereka akan bekerja lebih keras untuk menyediakan konten berkualitas sehingga kaum muda dapat belajar dan melihat dunia.

Bulan lalu, anak-anak di bawah 18 tahun di China dilarang bermain video game selama seminggu dan permainan mereka dibatasi hanya satu jam pada hari Jumat, akhir pekan, dan hari libur. Ppada bulan Februari, anak-anak China dilarang membawa ponsel mereka ke sekolah.

Selama tiga tahun terakhir, media resmi pemerintah China telah memperingatkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan anak muda China di internet berdampak pada kesehatan fisik dan mental mereka. Data dari agen media sosial We Are Social menunjukkan bahwa orang China sering menghabiskan lebih dari lima jam sehari online, dua jam di antaranya di media sosial.

Douyin seperti TikTok, sangat populer di kalangan anak muda dan oleh karena itu regulator top China, Cyberspace Administration of China, telah mendesaknya untuk menciptakan lingkungan dunia maya yang baik untuk perkembangan anak muda yang sehat.

Sumber : BBC

Sumber Foto : China Daily

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.