Serangan Phishing: Polisi Tangkap 106 Orang Tersangka

Serangan Phishing: Polisi Tangkap 106 Orang Tersangka

Internet Sehat : Polisi telah membongkar kelompok kejahatan terorganisir yang terkait dengan mafia Italia yang menipu ratusan korban melalui serangan phishing dan jenis penipuan online lainnya.

Operasi gabungan dipimpin oleh Polisi Nasional Spanyol (Policia Nacional), dengan dukungan dari Polisi Nasional Italia (Polizia di Stato), Europol dan Eurojust dan telah mengakibatkan 106 penangkapan di seluruh Spanyol dan Italia.

Menurut Europol, operasi kejahatan menggunakan serangan phishing, SIM Swapping, dan kompromi email bisnis (BEC) dan diperkirakan menghasilkan keuntungan sekitar 10 juta euro selama tahun lalu saja.

Kelompok kejahatan tersebut digambarkan sebagai terorganisir dengan sangat baik, mencakup sejumlah pakar kejahatan komputer yang bertugas membuat domain phishing dan melakukan penipuan dunia maya. Individu lain yang terlibat dalam jaringan kriminal termasuk bagal uang dan pakar pencucian uang, termasuk pakar cryptocurrency.

Bekerja di Kepulauan Canary, Spanyol, para penjahat menipu para korban – kebanyakan dari Italia untuk mengirim sejumlah besar uang ke rekening bank yang mereka kendalikan, sebelum mencuci hasilnya melalui bagal uang dan perusahaan cangkang.

Menurut FBI, BEC adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya yang paling menguntungkan, yang merugikan bisnis miliaran per tahun. Selain 106 penangkapan, 118 rekening bank telah dibekukan dan sejumlah perangkat telah disita, termasuk 224 kartu kredit, kartu SIM, dan terminal point-of-sale.

Polisi menyelidiki kelompok tersebut selama lebih dari setahun sebelum melakukan penangkapan. Sebagai bagian dari operasi, Europol mengerahkan dua analis dan satu ahli forensik ke Tenerife, Spanyol dan satu analis ke Italia. Europol juga mendanai pengerahan tiga penyelidik Italia ke Tenerife untuk mendukung pihak berwenang Spanyol selama hari aksi penangkapan.

Sumber : ZDNet

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.