Ekstremis Gunakan Chat Video Game untuk Sebarkan Kebencian

Ekstremis Gunakan Chat Video Game untuk Sebarkan Kebencian

Internet Sehat : Ekstremis menggunakan video game arus utama dan platform obrolan game untuk menyebarkan kebencian. Hal ini merupakan temuan BBC Click.

Selama tiga bulan, para peneliti menemukan anti-Semitisme, rasisme, dan homofobia di platform, termasuk DLive dan Odysee, tempat pengguna melakukan streaming dan mengobrol tentang game seperti Call of Duty dan Minecraft. Mereka memasukkan narasi ekstremis di antara percakapan sehari-hari sebagai jalan menuju radikalisasi. Percakapan ini kemudian pindah ke ruang seperti saluran Telegram pribadi.

Sebagai tanggapan, Telegram mengatakan bahwa mereka menggunakan kombinasi pemantauan proaktif ruang publik dan laporan pengguna untuk menghapus konten yang melanggar persyaratan layanannya. DLive dan Odysee belum menanggapi permintaan komentar.

Kebijakan mereka menyebutkan tidak ada toleransi terhadap kebencian dan ekstremisme kekerasan dan keduanya mengatakan mereka proaktif dalam menghapus konten yang melanggar pedoman layanan.

Call of Duty mengatakan bahwa tindakan yang mereka ambil untuk menghadapi perilaku rasis termasuk melarang pemain untuk nama rasis dan berorientasi kebencian, menerapkan teknologi baru dan mempermudah pemain untuk melaporkan perilaku ofensif dalam game.

Tetapi para peneliti juga menemukan skenario permainan peran ekstremis dalam game di berbagai platform yang memungkinkan pemain membuat dan berbagi peta dan lingkungan khusus mereka sendiri. Hal ini termasuk kamp konsentrasi Nazi dan kamp penahanan Uyghur dalam permainan seperti Roblox dan Minecraft.

Satu permainan mengemudi Roblox mengundang pemain untuk menjadi rasis dan mensimulasikan pembunuhan orang-orang yang termasuk etnis minoritas dengan menabrak mereka di dalam mobil.

Jacob Davey dari Institute of Strategic Dialogue mengatakan hal tersebut kecil dan tidak dimainkan oleh banyak orang, tetapi apa yang mereka lakukan adalah memungkinkan para ekstremis untuk menciptakan pengalaman bermain peran untuk menghidupkan fantasi radikal secara online.

Roblox mengatakan bahwa mereka bekerja tanpa henti untuk memastikan platform tetap menjadi ruang yang aman dan sipil, dan dengan kombinasi pembelajaran mesin dan tim yang terdiri dari lebih dari 2.000 moderator, Roblox memantau keamanan 24/7 untuk mendeteksi dan dengan cepat bertindak atas konten atau perilaku yang tidak pantas.

Minecraft mengatakan bahwa konten teroris atau ekstremis kekerasan dilarang keras oleh standar komunitas dan mereka mengambil tindakan untuk menghapus konten tersebut jika muncul di sistem.

Para ekstremis mungkin telah beralih ke ruang permainan setelah raksasa media sosial meningkatkan penegakan aturan mereka. Davey mengatakan sayap kanan ekstrim berpotensi menemukan pelabuhan yang aman untuk menyiarkan ideologi mereka atau untuk terlibat dalam propaganda yang lebih tradisional, hal-hal yang akan mereka lakukan beberapa tahun yang lalu di Facebook, YouTube dan Twitter.

Game online pada dasarnya membentuk sarana bagi orang untuk terhubung melalui hobi bersama secara online, dan ini termasuk ekstremis. Game adalah cara bagi mereka untuk terhubung dengan individu yang berpikiran sama, untuk bersosialisasi dan pada akhirnya membentuk ikatan sosial yang lebih kuat, yang bisa sangat penting dalam hal memajukan dan memajukan gerakan ekstremis secara global.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.