Google Aktifkan Otentikasi Dua Langkah Secara Otomatis

Google Aktifkan Otentikasi Dua Langkah Secara Otomatis

Internet Sehat : Google akan segera mulai mendorong lebih banyak pengguna Gmail dan pemegang Akun Google untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, yaitu lapisan keamanan tambahan yang dapat melindungi pengguna ketika kredensial mereka telah di-phishing atau diekspos melalui pelanggaran data.

Kontribusi Google tahun ini adalah mendorong lebih banyak pengguna untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah atau dikenal sebagai otentikasi dua faktor. Saat ini, Google meminta dua miliar pengguna Gmail untuk mendaftar dalam verifikasi dua langkah (2SV), tetapi segera akan secara otomatis mendaftarkan pengguna.

Mark Risher, direktur manajemen produk di grup Identitas dan Keamanan Pengguna Google mengatakan bahwa Google akan segera mulai secara otomatis mendaftarkan pengguna di 2SV jika akun mereka dikonfigurasi dengan benar. Pengguna mungkin tidak menyadarinya, tetapi sandi adalah satu-satunya ancaman terbesar bagi keamanan online Anda karena mudah dicuri, sulit diingat, dan mengelolanya membosankan.

Faktor kedua, kunci keamanan atau smartphone, berarti seseorang yang memiliki nama pengguna dan kata sandi dalam banyak kasus tidak dapat masuk ke akun pengguna kecuali mereka memiliki akses fisik ke perangkat.

Google telah menyempurnakan prosesnya selama bertahun-tahun untuk mengurangi hambatan 2SV, tetapi masih bisa gagal jika pengguna mengubah nomor ponsel. Hari ini, setelah masuk dengan nama pengguna dan sandi, pengguna yang telah mendaftar di 2SV mendapatkan kode melalui SMS, panggilan suara, atau aplikasi Google.

Opsi lainnya adalah kunci keamanan seperti kunci Titan Google. Google juga telah membangun kunci keamanannya di ponsel Android dan tahun lalu memberikan kemampuan yang sama untuk iPhone melalui aplikasi Smart Lock untuk iOS.

Sumber : ZDNet

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.