Jaga Keamanan Data Pengguna, Google Tambahkan HTTPS-First Mode di Chrome

Jaga Keamanan Data Pengguna, Google Tambahkan HTTPS-First Mode di Chrome

Internet Sehat : Google akan menambahkan HTTPS First Mode ke browser web Chrome untuk memblokir penyerang agar tidak mencegat atau menguping lalu lintas web pengguna.

Google mengatakan bahwa mulai dengan versi M94, Chrome akan menawarkan HTTPS-First Mode, yang akan mencoba meningkatkan semua pemuatan halaman ke HTTPS dan menampilkan peringatan satu halaman penuh sebelum memuat situs yang tidak mendukungnya.

Pengguna yang mengaktifkan mode ini mendapatkan keyakinan bahwa Chrome menghubungkan mereka ke situs melalui HTTPS bila memungkinkan, dan bahwa mereka akan melihat peringatan sebelum menghubungkan ke situs melalui HTTP.

Dengan meningkatkan semua koneksi ke situs web ke HTTPS, Google Chrome 94 akan melindungi pengguna dari serangan man-in-the-middle (MITM) yang mencoba mengintip atau mengubah data yang dipertukarkan dengan server internet melalui protokol HTTP yang tidak terenkripsi.

Fitur baru saat ini sedang diuji dalam rilis pratinjau Chrome 93 Canary untuk Mac, Windows, Linux, Chrome OS, dan Android. Jika pengguna ingin menguji fitur eksperimental tersebut sekarang, pengguna harus mengaktifkan tanda HTTPS-Only Mode Setting dengan membuka chrome://flags/#https-only-mode-setting.

Pengaturan ini akan menambahkan opsi Always use secure connections ke pengaturan keamanan Chrome yang, setelah diaktifkan akan menyiapkan browser web untuk meningkatkan semua navigasi ke HTTPS dan menampilkan peringatan sebelum memuat situs web yang tidak mendukungnya.

Google bukanlah vendor browser web pertama yang dipertimbangkan, termasuk secara otomatis meningkatkan semua navigasi ke HTTPS. Misalnya, Mozilla menambahkan HTTPS-Only Mode yang dimulai dengan Firefox 83 untuk mengamankan penjelajahan web dengan menulis ulang URL untuk menggunakan protokol HTTPS (meskipun dinonaktifkan secara default, fitur ini dapat diaktifkan dari pengaturan browser).

Microsoft Edge sekarang juga dapat diatur untuk mengalihkan pengguna untuk mengamankan koneksi HTTPS saat menghubungkan ke situs web melalui HTTP setelah mengaktifkan opsi Automatic HTTPS eksperimental baru yang tersedia di saluran pratinjau Canary and Developer dengan perkiraan rilis akhir bulan ini.

Google sebelumnya juga telah memperbarui Chrome ke default ke HTTPS untuk semua URL yang diketik di bilah alamat jika pengguna tidak menentukan protokol.

Google menambahkan bahwa meskipun mereka senang melihat pengguna mengadopsi HTTPS First Mode di versi Chrome mendatang, koneksi HTTP akan tetap didukung dan Chrome akan mengambil langkah tambahan untuk melindungi dan memberi tahu pengguna setiap kali mereka menggunakan koneksi yang tidak aman.

Sumber : Bleeping Computer

Sumber Foto : Inthecloud247

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.