Masalah Privasi, Pesawat Mata-mata Dikandangkan

Masalah Privasi, Pesawat Mata-mata Dikandangkan

Internet Sehat : Anggota parlemen di Baltimore telah memilih untuk mengakhiri program pengawasan udara yang kontroversial. Program pengawasan tersebut yang telah membuat pesawat mata-mata terus memantau kota Baltimore

Program tersebut, yang didirikan oleh perusahaan swasta Persistent Surveillance Systems, menggunakan pesawat yang dilengkapi kamera untuk menangkap apa yang terjadi di daerah perkotaan yang luas.

Keputusan untuk meninggalkan skema tersebut mengikuti gugatan dari American Civil Liberties Union (ACLU) yang menuduh sistem tersebut secara tidak proporsional menargetkan orang kulit berwarna.

Brett Max Kaufman, pengacara senior ACLU mengatakan bahwa penghentian program pesawat mata-mata inkonstitusional di Baltimore adalah kemenangan yang diperjuangkan dengan keras bagi semua warga Baltimore, terutama bagi para pemimpin kulit hitam yang menentang program tersebut dan komunitas kulit berwarna yang secara tidak proporsional menjadi sasaran pengawasan.

Sistem pengawasan ini menggunakan dua pesawat baling-baling Cessna yang dilengkapi dengan sistem kamera video warna 192 megapiksel, yang terbang di atas Baltimore pada ketinggian hingga 9.000 kaki (2.740 m) hingga 11 jam sehari. Menurut polisi, pesawat itu digunakan untuk mencari saksi, tersangka, dan kendaraan yang terkait dengan kejahatan berat seperti pembunuhan dan perampokan bersenjata.

Dalam memutuskan untuk mengakhiri program, para pejabat mengatakan bahwa tidak ada bukti yang efektif dalam tujuannya untuk mengurangi kejahatan. Anggota Dewan Mark Conway, yang mengetuai keselamatan publik kota dan komite operasi pemerintah, mengatakan bahwa jika ingin menghentikan kekerasan di Baltimore, yang diperlukaan adalah strategi keamanan publik yang terbukti menghormati hak konstitusional penduduk sembari melibatkan komunitas secara holistik. Pesawat pengintai tidak mencapai keseimbangan tersebut.

Program yang secara resmi dikenal sebagai Aerial Investigation Research (AIR) ini awalnya dijalankan secara rahasia pada tahun 2016. Hal ini menimbulkan kontroversi karena sifatnya yang tertutup, tetapi juga karena dijalankan oleh perusahaan swasta dan didanai secara pribadi oleh Arnold Ventures, dana filantropi yang dijalankan oleh seorang miliarder mantan manajer hedge fund.

Persistent Surveillance Systems didirikan oleh Ross McNutt, seorang insinyur astronautika. Dia pertama kali mengembangkan sistem pengawasan untuk militer AS yang digunakan di Irak dan kemudian memutuskan untuk meluncurkannya untuk memerangi kejahatan di kota-kota.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Shutterstock

,

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.