Literasi Digital

Aplikasi Tiruan TikTok Dihapus dari Play Store

Internet Sehat: Google telah menghapus aplikasi video Zynn dari Play Store karena dituduh telah mencuri konten dari aplikasi lain. Aplikasi bergaya TikTok tersebut menawarkan pembayaran tunai kepada pengguna yang mendaftar dan menonton video, dan telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat.

Namun kemudian, aplikasi tersebut memicu sejumlah keluhan dari influencer media sosial yang mengklaim bahwa video mereka diposkan ulang tanpa izin mereka.

Zynn mengatakan telah meluncurkan metode baru bagi pengguna untuk melaporkan plagiarisme. Platform video populer tersebut didanai oleh Kuaishou, perusahaan saingan TikTok ByteDance.

Zynn pertama kali tersedia secara resmi untuk pengguna pada awal Mei. Namun, menurut Wired, banyak akun peniru di platform mengunggah posting pertama mereka pada bulan Februari. Pengguna mendapat uang dari aplikasi dengan menonton video dan mengundang teman untuk mendaftar. Penghasilan kemudian dapat digunakan untuk membeli kartu hadiah atau ditransfer melalui PayPal.

Saat ini sejumlah pengguna TikTok yang populer, di antaranyta dengan jutaan pengikut, telah mengajukan klaim bahwa akun yang berpura-pura menjadi mereka telah mulai muncul di Zynn.

Google kemudian menghapus aplikasi tersebut dari Play Store di tengah kontroversi, meskipun raksasa teknologi itu belum mengkonfirmasi alasannya. Sementara, juru bicara Apple mengatakan perusahaannya sedang menyelidiki aplikasi tersebut dan saat ini masih tersedia di app store-nya.

Sumber: BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.