European Consumer Organisation: TikTok Melanggar Hak Pengguna

European Consumer Organisation: TikTok Melanggar Hak Pengguna

Internet Sehat : TikTok telah dituduh melanggar hak pengguna dalam skala besar oleh kelompok konsumen Eropa. Organisasi Konsumen Eropa (BEUC) mengatakan platform tersebut melanggar beberapa hak konsumen Uni Eropa. Mereka juga mengklaim TikTok gagal melindungi anak-anak dari iklan tersembunyi dan konten yang tidak pantas.

TikTok mengatakan bahwa mereka telah meminta pertemuan dengan BEUC untuk membahas masalah tersebut. Badan tersebut telah mengajukan keluhan ke jaringan otoritas perlindungan konsumen UE.

TikoTok dimiliki oleh Bytedance China dan telah menghadapi semakin banyak kritik terkait kebijakan privasi dan keamanannya menyusul sejumlah insiden. BEUC mengutip beberapa masalah dalam pengaduannya ke UE, di antaranya menyatakan persyaratan layanan platform tidak adil. BEUC berpendapat bahwa persyaratan layanan TikTok tidak jelas, ambigu dan mendukung TikTok sehingga merugikan penggunanya.

BEUC juga mengatakan persyaratan hak cipta TikTok sama tidak adilnya karena memberikan TikTok hak yang tidak dapat dibatalkan untuk menggunakan, mendistribusikan, dan mereproduksi video yang diterbitkan oleh pengguna, tanpa imbalan.

Monique Goyens, direktur jenderal BEUC, mendesak pihak berwenang untuk mengambil tindakan cepat terhadap platform TikTok. Menurutnya, hanya dalam beberapa tahun, TikTok telah menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer dengan jutaan pengguna di seluruh Eropa. Tapi TikTok mengecewakan penggunanya dengan melanggar hak mereka dalam skala besar. Ia menambahkan bahwa anak-anak menyukai TikTok, tetapi TikTok gagal melindungi mereka.

Seorang juru bicara TikTok mengatakan bahwa platform tersebut telah mengambil banyak langkah untuk melindungi penggunanya, terutama mereka yang berusia 16 tahun ke bawah. Pengguna harus berusia 13 tahun ke atas untuk bergabung dengan platform ini. Juru bicara TikTok tersebut menambahkan bahwa menjaga komunitas kami aman, terutama pengguna yang lebih muda, dan mematuhi hukum tempat kami beroperasi adalah tanggung jawab yang kami tangani dengan sangat serius.

Setiap hari TikTok bekerja keras untuk melindungi komunitas. Itulah sebabnya TikTok telah mengambil berbagai langkah besar, termasuk menjadikan semua akun milik pengguna di bawah 16 tahun sebagai pribadi secara default. TikTok juga mengembangkan ringkasan dalam aplikasi dari kebijakan privasi dengan kosa kata dan nada suara yang memudahkan remaja untuk memahami pendekatan TikTok terhadap privasi.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.