Literasi Digital

Facebook Hapus Iklan Trump karena Simbol Nazi

Internet Sehat : Facebook minggu lalu memutuskan untuk menghapus iklan Presiden Donald Trump. Facebook mengatakan bahwa mereka telah menghapus iklan untuk kampanye pemilihan kembali Presiden AS Donald Trump yang menampilkan simbol yang digunakan di Nazi Jerman.

Perusahaan tersebut mengatakan iklan yang menyinggung itu mengandung segitiga merah terbalik yang mirip dengan yang digunakan oleh Nazi untuk melabeli lawan mereka seperti komunis. Tim kampanye Trump berkilah bahwa simbol tersebut ditujukan pada kelompok aktivis sayap kiri antifa yang katanya menggunakan simbol itu sebelumnya.

Kepala kebijakan keamanan jejaring sosial Facebook Nathaniel Gleicher mengatakan bahwa iklan itu melanggar kebijakannya terhadap kebencian yang terorganisir. Facebook tidak mengizinkan simbol yang mewakili organisasi yang penuh kebencian atau ideologi yang penuh kebencian kecuali jika mereka dihadapkan dengan konteks atau kecaman. Menurutnya, hal itulah yang dilihat dalam kasus ini dengan iklan tersebut dan di mana pun simbol itu digunakan, Facebook akan mengambil tindakan yang sama.

Iklan yang diposting di situs pada halaman milik Presiden Trump dan Wakil Presiden Mike Pence, telah dan sedang online selama sekitar 24 jam dan telah menerima ratusan ribu tampilan sebelum diturunkan.

Tim Murtaugh, juru bicara kampanye Trump, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa segitiga merah terbalik adalah simbol yang digunakan oleh antifa, jadi itu dimasukkan dalam iklan tentang antifa. Trump baru-baru ini menuduh antifa memulai kerusuhan di jalan di seluruh AS karena kematian George Floyd dalam tahanan polisi.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Shutterstock

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.