Literasi Digital

Facebook Larang Posting Foto Blackface

Internet Sehat : Facebook telah memperbarui aturannya untuk menangani posting yang berisi penggambaran yang salah Blackface dan stereotip anti-Semit yang umum. Standar Komunitas Facebook sekarang secara eksplisit menyatakan konten semacam itu harus dihapus jika digunakan untuk menargetkan atau mengejek orang.

Perusahaan tersebut mengatakan telah berkonsultasi dengan lebih dari 60 ahli dari luar sebelum mengambil langkah tersebut. Tetapi seorang juru kampanye mengatakan dia masih memiliki kekhawatiran tentang upaya anti-rasisme yang lebih luas.

Zubaida Haque direktur sementara dari lembaga pemikir kesetaraan ras Runnymede Trust mengatakan bahwa Blackface adalah masalah yang sudah ada selama beberapa dekade, itulah mengapa mengejutkan bahwa baru ditangani sekarang. Blackface sangat merusak kehidupan orang kulit hitam dalam hal kebencian yang ditujukan kepada mereka dan penyebaran mitos, kebohongan, dan stereotip rasial.

Ia mengatakan menyambut baik keputusan Facebook. Tetapi ia tidak sepenuhnya yakin langkah-langkah ini adalah bagian dari strategi yang kuat untuk secara proaktif menangani kebencian rasial, bukan karena kebencian yang disebabkan oleh krisis.

Aturan Facebook telah lama mencakup larangan ujaran kebencian yang terkait dengan ras, etnis, dan afiliasi agama, di antara karakteristik lainnya. Tetapi sekarang telah direvisi untuk menentukan karikatur orang kulit hitam dalam bentuk wajah hitam dan referensi ke orang-orang Yahudi yang menjalankan dunia atau mengendalikan institusi besar seperti jaringan media, ekonomi atau pemerintah. Aturan tersebut juga berlaku untuk Instagram.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.