Hacker Bocorkan Data Beberapa Bulan Setelah Serangan Peretasan

Hacker Bocorkan Data Beberapa Bulan Setelah Serangan Peretasan

Internet Sehat : Data yang dicuri dalam serangan dunia maya terhadap dewan kota London tahun lalu telah dibocorkan secara online oleh peretas yang bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Hackney Council dewan yang menyediakan layanan untuk 280.000 penduduk di ibu kota Inggris, London dilanda serangan cyber serius Oktober tahun lalu sehingga membuat banyak sistem TI tidak beroperasi dengan beberapa sistem masih terganggu sampai saat ini.

Tampaknya informasi yang dicuri selama serangan itu telah dipublikasikan di dark web oleh para penjahat, meskipun dewan mengatakan bahwa hanya sejumlah data yang terancam. Menurut update terbaru dewan, dokumen tersebut belum bocor ke forum yang tersedia secara luas dan tidak terlihat melalui mesin pencari di internet.

Walikota Hackney Philip Glanville mengatkan bahwa dirinya sepenuhnya memahami dan berbagi kepedulian dengan penduduk dan staf tentang risiko apa pun terhadap data pribadi mereka dan dewan kota bekerja secepat mungkin dengan mitra untuk menilai data dan mengambil tindakan, termasuk memberi tahu mereka yang terpengaruh.

Meskipun mayoritas informasi sensitif dan pribadi yang dipegang oleh dewan tampaknya tidak terpengaruh, dewan Hackney mengatakan bahwa mereka bekerja dengan Pusat Keamanan Siber Nasional, Badan Kejahatan Nasional, Kantor Komisi Informasi, dan Kepolisian Metropolitan untuk menyelidiki apa yang telah dipublikasikan untuk secara tepat dan menilai tindakan mana yang perlu diambil.

Beberapa bulan setelah serangan itu terjadi, sifat intrusi yang sebenarnya masih belum jelas. Dewan telah menghindari pengungkapan rincian untuk memastikan tidak secara tidak sengaja membantu para penyerang.

Hanya sistem lama dan berbasis non-cloud seperti melakukan pembayaran atau menyetujui perizinan yang terpengaruh, sementara layanan dan sistem yang lebih baru yang terkait dengan pengelolaan pandemi COVID-19 tetap aktif dan berjalan.

Meskipun banyak sistem sejak itu telah sepenuhnya atau sebagian dipulihkan, dewan telah mengatakan bahwa mereka mengharapkan beberapa layanan tetap tidak tersedia atau terganggu selama berbulan-bulan mendatang.

Halaman status layanan Hackney Council masih menunjukkan bahwa layanan terganggu secara signifikan karena serangan cyber yang serius dan merekomendasikan agar penduduk dan bisnis menghindari menghubungi dewan kecuali benar-benar diperlukan.

Sumber : ZDNet

Belajar Privasi secara menyenangka di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.