Kena Serangan Ransomware, Rumah Sakit Batalkan Janji Rawat Jalan

Kena Serangan Ransomware, Rumah Sakit Batalkan Janji Rawat Jalan

Internet Sehat : Layanan kesehatan Irlandia telah menutup sistem TI-nya setelah serangan ransomware Conti menyebabkan rumah sakit Dublin membatalkan janji rawat jalan.

Eksekutif Layanan Kesehatan negara tersebut menutup sistemnya sebagai tindakan pencegahan. Rumah Sakit Rotunda Dublin telah membatalkan janji untuk pasien rawat jalan termasuk banyak janji perawatan untuk perempuan hamil. RTE melaporkan bahwa rumah sakit bersalin mengatakan semua kunjungan rawat jalan dibatalkan, kecuali ibu hamil hamil 36 minggu atau lebih. Semua klinik ginekologi juga dibatalkan janjinya.

Rumah Sakit Bersalin Nasional Irlandia, juga di Dublin, juga terkena dampak serupa. Ada serangan ransomware yang signifikan pada sistem TI HSE. HSE telah mengambil tindakan pencegahan dengan mematikan semua sistem TI untuk melindungi mereka dari serangan dan untuk memungkinkan menilai situasi sepenuhnya dengan mitra keamanan.

Paul Reid, kepala eksekutif HSE, mengatakan kepada stasiun radio Newstalk FM Irlandia bahwa ransomware tersebut dioperasikan oleh manusia dan tampaknya adalah jenis Conti: Paul Reid mengatakan serangan ransomware utama yang menargetkan HSE cukup canggih, sedangkan program vaksinasi COVID-19 tidak terpengaruh karena berada di sistem yang berbeda.

Dia menambahkan dalam wawancara terpisah bahwa personel keamanan siber Irish Defence Forces membantu tanggapan tersebut. Sejauh ini tidak ada permintaan tebusan yang diungkapkan oleh HSE dan tidak ada yang terkait dengan HSE yang muncul di blog kebocoran Tor Conti.

Conti sebelumnya menargetkan Scottish Environmental Protection Agency, meskipun serangan tersebut membuat para penjahat pergi dengan tangan kosong setelah SEPA dengan bijak memutuskan untuk tidak membayar. Penjahat yang sama berada di balik kompromi pengecer pakaian Inggris Fatface, berhasil mencuri data pribadi dan detail kartu pembayaran dalam prosesnya.

William Thomas, seorang peneliti dari firma infosec Cyjax, mengatakan bahwa Conti adalah jenis ransomware yang dioperasikan oleh manusia yang terkait dengan geng cybercriminal yang dilacak oleh industri swasta sebagai WizardSpider.

Sumber : The Register

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.