Lawan Sensor Rusia, Twitter Luncurkan Situs Web Tor

Internet Sehat : Twitter sekarang dapat diakses melalui jaringan Tor. Hal ini memungkinkan pengguna di negara-negara yang melarangnya untuk terus mengakses situs jejaring sosial tersebut.

URL Onion baru diumumkan hari ini oleh insinyur keamanan Twitter Alec Muffett yang mengumumkan bahwa Twitter sekarang dapat diakses di seluruh dunia melalui browser Tor. Muffett mengatakan bahwa dia menulis dan membantu menyebarkan perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan Twitter ke jaringan Tor.

Proyek Tor memungkinkan pengguna mengunduh browser Firefox khusus yang dapat digunakan untuk menjelajahi web secara anonim dan mengakses domain .onion khusus yang hanya dapat diakses melalui Tor. Proyek ini sangat berguna karena memungkinkan pengguna untuk melewati sensor pemerintah dan terus mengakses situs yang biasanya diblokir di negara mereka.

Untuk mengakses Twitter melalui Tor, pengguna dapat mengunduh Tor Browser dan menelusuri URL khusus onion https://twitter3e4tixl4xyajtrzo62zg5vztmjuricljdp2c5kshju4avyoid.onion/.

Dengan menggunakan Tor, Twitter kini dapat diakses bahkan di negara-negara di mana pemerintah memblokir akses ke situs tersebut. Peluncuran proyek ini datang pada saat yang tepat ketika Rusia mulai mengisolasi diri dari dunia luar. Untuk mencegah arus bebas informasi tentang invasi Rusia ke Ukraina, Rusia pekan lalu mulai memblokir akses ke Twitter, Facebook, dan outlet berita asing.

Dengan Twitter yang sekarang dapat diakses melalui Tor, orang-orang di Rusia dapat terus mengakses layanan dan memperoleh informasi tentang konflik dan peristiwa di seluruh dunia lainnya.

Sumber : Bleeping Computer