Nama Martin Lewis dan Sir Richard Branson Paling Banyak Digunakan Penipu

Nama Martin Lewis dan Sir Richard Branson Paling Banyak Digunakan Penipu

Internet Sehat : Martin Lewis dan Sir Richard Branson merupakan selebritis yang namanya paling sering digunakan dalam penipuan fake endorsement. Hal ini diungkapkan oleh sebuah laporan terbaru NSSC. National Cyber ​​Security Center (NCSC) menghapus lebih dari 730.000 situs web yang menjalankan trik tersebut pada tahun 2020.

Lewis, pendiri situs Money Saving Expert, mengatakan bahwa seluruh masalah ini membuatnya muak. Para ahli di badan cyber, yang merupakan bagian dari badan intelijen GCHQ, mengatakan ini adalah masalah yang terus berkembang.

Penipuan fake endorsement merupakan penipuan dengan cara membuat artikel berita palsu yang mengklaim bahwa selebriti mendukung skema investasi baru. Artikel-artikel tersebut disebarkan melalui kampanye email massal, teks SMS, atau iklan di media sosial. Artikel tersebut berisi tautan ke situs web yang mendorong para korban untuk berinvestasi dalam program-program yang tidak bermoral.

Meskipun tema serangan ini seringkali adalah cryptocurrency, pada dasarnya dapat digunakan untuk mempromosikan semua jenis peluang investasi palsu.

Lewis mengatakan penipuan tersebut sebagai sanjungan terburuk yang pernah ia alami. Pencuri dan penipu ini menghilangkan reputasi atas kepercayaan yang telah dibangun dengan mencoba membantu dan melindungi konsumen untuk kemudian mencuri uang dari orang-orang yang rentan.

NCSC mengatakan mulai mengambil tindakan terhadap situs web tersebut pada April 2020, dan pada akhir tahun kalender telah menghapus 286.322 kampanye terpisah di 731.080 URL. Badan siber tersebut mengatakan bahwa penipuan yang relatif baru adalah masalah global.

Korban di Inggris Raya melihat konten yang dikurasi dengan tokoh-tokoh Inggris yang dapat dikenali, tetapi jika dilihat artikel yang sama dari Prancis, konten yang disajikan mungkin akan muncul sebagai artikel di surat kabar Prancis palsu yang menampilkan selebriti dari negara tersebut.

Ian Levy, direktur teknis NCSC, mengatakan Lewis dan Branson membuat sebagian besar dari semua penipuan dukungan selebriti yang mereka temukan. Mereka benar-benar meyakinkan dan tidak mengherankan jika orang-orang jatuh cinta pada mereka. Penjahat menggunakan merek surat kabar dan selebriti yang digabungkan untuk membuat artikel ini terlihat sangat bagus. Martin Lewis dan Sir Richard Branson digunakan karena mereka terkenal dan karena terkait dengan uang.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.