Literasi Digital

Nintendo Menangkan Kasus Peretasan Switch

Internet Sehat : Nintendo telah memenangkan uang senilai 2 juta dollar AS dalam pertempuran hukum melawan situs web yang menjual alat yang memungkinkan orang untuk memainkan game bajakan di konsol Switch buatan mereka.

Situs we tersebut, Uberchips dituduh menjual perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna menginstal dan memainkan game secara gratis. Sebagai bagian dari penyelesaian, Uberchips harus menghapus semua sahamnya dan menyerahkan nama domainnya ke Nintendo.

Alat yang dijualnya dibuat oleh grup peretas Team-Xecuter yang juga ingin dituntut Nintendo. Namun upaya itu gagal sehingga Nintendo menargetkan toko yang menjual alat tersebut. Menurut gugatan, Team-Xecuter mendesain dan membuat sistem operasi tidak resmi yang disebut SX OS dan menawarkan alat untuk menginstalnya.Chip-nya berfungsi di semua konsol Nintendo Switch dan Switch Lite.

Uberchips dijalankan oleh Tom Dilts Jr yang berbasis di Ohio dan merupakan salah satu dari sedikit toko yang menjual peralatan tersebut. Setelah adanya gugatan dari Nintendo, situs tersebut menjadi offline ddan menampilkan pesan kepada pengunjung.”An unfortunate set of events has happened.”

Situs itu kemudian membatalkan semua pre-order untuk produk SX dan menawarkan pengembalian uang. Pada bulan Juni, Team-Xecuter berbicara dengan situs berita pembajakan Torrent Freak, mengklaim bahwa mereka berhak untuk mengutak-atik perangkat Nintendo.

Mereka juga mengatakan bahwa produknya juga dapat digunakan untuk membuat cadangan kartrid, memperluas penyimpanan konsol, dan menjalankan perangkat lunak sumber terbuka pada perangkat tersebut.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Essentially Sport

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.