Privasi & Data Pribadi

Siswa Ditangkap karena Luncurkan DDoS Attack terhadap Sekolah

Internet Sehat : Seorangan remaja berusia 16 tahun dituduh melancarkan serangan dunia maya yang berhasil menutup kelas online Miami-Dade menggunakan program sederhana dan mudah diunduh untuk membanjiri server distrik sekolah terbesar keempat di negara bagian tersebut.

Siswa SMA Miami Selatan ini dituduh mengatur tidak kurang dari delapan dari setidaknya dua lusin serangan dunia maya yang membantu melumpuhkan kelas virtual distrik di tiga hari pertama. Semua serangan dunia maya berhenti sekitar pukul 3 pagi, meskipun para pejabat mengatakan bahwa serangan terakhir tidak terkait dengan penyerbuan rumah berusia 16 tahun itu pada dini hari Kamis. Tidak menyebut nama siswa tersebut karena dia masih remaja.

Kesederhanaan serangan remaja berusia 16 tahun tersebut membuat khawatir para pakar keamanan siber yang memperingatkan bahwa distrik tersebut seharusnya mampu menahan serangan semacam itu.

Siswa tersebut mengaku menggunakan alat yang disebut Low Orbit Ion Cannon (LOIC). Para ahli mengatakan alat ini adalah perangkat lunak yang mudah diunduh dan dapat digunakan untuk mengganggu situs web. Alat ini adalah alat yang sama yang digunakan oleh grup peretas Anonymous satu dekade lalu untuk melumpuhkan perusahaan seperti MasterCard, Visa, dan PayPal.

Program ini dirancang untuk membanjiri sistem dengan apa yang dikenal sebagai distributed denial of service attack atau serangan DDoS yang pada dasarnya menggunakan banyak komputer acak untuk membanjiri situs web dengan paket data.

Sumber : Miami Herald

Sumber Foto : Getty Images via CSO Online

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.