internetsehat.id

Merawat Kolaborasi Literasi Digital Indonesia

Literasi Digital

Situs Web Pemerintah Finlandia Diserang DoS Saat Presiden Ukraina Berbicara kepada Anggota Parlemen

Internet Sehat : Serangan siber membuat situs web pemerintah Finlandia padam pada hari Jumat minggu lalu saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara kepada anggota parlemen Finlandia.

Serangan Denial-of-service (DoS) menghantam situs web kementerian Pertahanan dan Luar Negeri Finlandia sekitar tengah hari waktu setempat. Sekitar satu jam kemudian, kedua lembaga pemerintah men-tweet bahwa situs web tersebut telah aktif kembali. Kementerian Luar Negeri Finlandia juga menyatakan dukungannya untuk Ukraina setelah pidato Zelenskyy.

Pagi itu, sebelum serangan siber, sebuah jet penumpang Rusia diduga melanggar wilayah udara Finlandia. Serangan nyata oleh pesawat IL-96-300 terjadi di lepas pantai Teluk Finlandia dekat kota Porvoo dan berlangsung sekitar tiga menit, menurut Kementerian Pertahanan.

Pelanggaran dunia maya dan wilayah udara yang agresif terjadi ketika Finlandia, yang berbagi perbatasan 830 mil dengan Rusia, diperkirakan akan mengajukan aplikasi untuk bergabung dengan NATO. Finlandia secara tradisional netral, sambil mempertahankan wajib militer nasional untuk pria, tetapi telah bergerak lebih dekat ke NATO terutama dalam beberapa bulan terakhir.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada hari Jumat mengatakan bahwa aliansi NATO akan dengan hangat menyambut Finlandia ke dalam kelompok jika itu dilanjutkan.

Rusia, bagaimanapun, sangat menentang proposal tersebut, dan seorang anggota parlemen Rusia minggu ini memperingatkan bahwa bergabung dengan NATO akan menjadi kesalahan strategis bagi negara Nordik tersebut. Finlandia tidak menyalahkan Rusia karena membuat situs web tersebut offline selama pidato Zelenskyy di hadapan Parlemennya.

Menurut angka terbaru dari Check Point Research, satu bulan setelah perang, baik Rusia dan Ukraina mengalami peningkatan serangan siber. Rusia mengalami lonjakan 10 persen sementara Ukraina mengalami peningkatan 17 persen.

Secara global, para peneliti ancaman mendokumentasikan peningkatan 16 persen dalam serangan siber sejak invasi ke Ukraina oleh Rusia dimulai pada akhir Februari. Angka itu mencerminkan lonjakan 18 persen dalam serangan mingguan di Eropa dan peningkatan 16 persen di kawasan Asia-Pasifik. Di Amerika Utara, rata-rata serangan mingguan per organisasi 14 persen lebih tinggi daripada sebelum perang dimulai.

Sumber : The Register