Bobol Enkripsi Aplikasi Obrolan, Polisi Belgia Sita 27,64 Ton Kokain

Bobol Enkripsi Aplikasi Obrolan, Polisi Belgia Sita 27,64 Ton Kokain

Internet Sehat : Polisi Belgia mengatakan bahwa mereka telah menyita 27,64 ton kokain senilai 1,65 miliar dollar AS dari pengiriman ke Antwerp dalam enam minggu terakhir setelah membobol enkripsi di aplikasi obrolan Sky ECC untuk membaca pesan penyelundup narkoba.

Polisi spesialis Belgia berhasil memecahkan pesan terenkripsi dari Sky ECC untuk kemudian bisa membaca pesan penyelundup narkoba. Sky ECC adalah aplikasi perpesanan terenkripsi ujung-ke-ujung (end to end encryption) berbasis langganan yang dibuat oleh Sky Global dan dibundel di handset Google, Apple, Nokia, dan BlackBerry. Idenya adalah pengguna dapat mengobrol melalui teks dengan pengguna lain tanpa takut diintip.

Bulan lalu, pemerintah AS mendakwa CEO Sky Global Jean-François Eap dan distributor sengaja berpartisipasi dalam perusahaan kriminal yang memfasilitasi impor dan distribusi transnasional narkotika melalui penjualan dan layanan perangkat komunikasi terenkripsi.

Pada dasarnya, AS mengklaim Sky Global tahu persis untuk apa perangkat lunaknya digunakan, yaitu mengatur perdagangan narkoba di luar pengawasan pihak berwenang.

Tak lama kemudian, polisi Eropa melakukan operasi gabungan dan menutup Sky Global serta menjaring pengguna dan distributornya. Eap menyatakan bahwa semuanya tidak berdasar dan tindakan tersebut merupakan contoh polisi dan pemerintah yang mencoba menjelekkan siapa pun yang mengambil sikap terhadap pengawasan yang tidak beralasan.

Kabar tentang penangkapan kokas besar-besaran datang hanya setahun setelah polisi Prancis dan Belanda menghapus EncroChat, aplikasi serupa yang diduga digunakan untuk memfasilitasi aktivitas kriminal.

Sumber : The Register

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.