Privasi & Data Pribadi

Celah Keamanan, Pengguna Twitter Diminta untuk Memperbarui Aplikasi

Internet Sehat : Jutaan pengguna Twitter diminta untuk memperbarui aplikasi Twitter for Android mereka setelah perusahaan menemukan celah keamanan. Twitter mengatakan bahwa kerentanan tersebut dapat membuat aplikasi jahat lainnya mengakses informasi pribadi seperti pesan langsung.

Twitter mengatakan bahwa sebagian besar pengguna sudah dilindungi oleh pembaruan keamanan Android, tetapi sebanyak 4% pengguna masih rentan. Twitter menambahkan bahwa siapa pun yang masih terkena dampak dari bug tersebut akan mendapatkan pemberitahuan dalam aplikasi untuk memberi tahu mereka jika mereka perlu melakukan sesuatu.

Sejauh ini Twitter tidak memiliki bukti bahwa kerentanan tersebut telah dimanfaatkan oleh penyerang. Namun Twitter mengakui bahwa mereka tidak bisa sepenuhnya yakin (hal tersebut) dan mengambil langkah-langkah yang sangat tidak biasa untuk menjaga kelompok kecil orang-orang yang berpotensi rentan agar tetap aman.

Twitter mengklaim memiliki lebih dari dua miliar pengguna dan di toko aplikasi Google Play telah diinstal lebih dari satu miliar kali ke perangkat Android. Tetapi jumlah pasti dari pengguna yang terpengaruh belum diungkapkan. Twitter mengumumkan kepada publik pengguna aktif harian yang dapat diandalkan, yaitu mereka yang melihat iklan sebanyak 186 juta, tetapi tidak memberikan perincian berdasarkan platform.

Twitter mengatakan bug tersebut memengaruhi mereka yang menggunakan versi Android 8 dan 9, sementara versi Android saat ini adalah Android 10, dan versi 11 akan segera dirilis. Twitter mengungkapkan kesalahan tersebut di blog privasinya, tetapi tidak mengatakan berapa lama celah tersebut telah terbuka.

Sumber : BBC

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.