Pemasok Apple, Quanta Computer Akui Jadi Korban Serangan Malware

Pemasok Apple, Quanta Computer Akui Jadi Korban Serangan Malware

Internet Sehat : Quanta Computer, produsen laptop ODM dan pemasok Apple yang produktif, mengkonfirmasi bahwa pencuri digital membobol sistemnya. Dalam pernyataan yang diberikan kepada Bloomberg, Quanta mengatakan bahwa tim keamanan informasi Quanta Computer telah bekerja dengan pakar TI eksternal dalam menanggapi serangan dunia maya di sejumlah kecil server Quanta.

Meskipun Quanta tidak menjelaskan secara detail, selain mengatakan telah menghubungi penegak hukum setempat, sebelumnya geng ransomware REvil mengatakan bahwa mereka adalah pelakunya dan sedang menegosiasikan penjualan data yang dikuras dalam serangan tersebut dengan beberapa merek besar.

Dalam postingan blog di Happy Blog, REvil mengklaim telah menyebarkan ransomware dan memperoleh cetak biru rahasia untuk produk Apple yang belum dirilis. REvil telah mulai menerbitkan beberapa cetak biru ini, termasuk satu desain untuk MacBook tertanggal Maret 2021. Laptop terakhir yang dirilis oleh Apple adalah pada bulan November, menunjukkan bahwa ini mungkin dari perangkat yang akan datang.

Taktik tetes lambat dirancang untuk menekan korban (dalam hal ini Quanta, tetapi juga dengan ekstensi Apple) untuk memenuhi tuntutan penyerang. REvil telah menuntut 123.028 mata uang kripto Monero (50 juta dollar AS) untuk menghapus file yang dicuri dan mendekripsi sistem yang terkunci.

Tebusan tersebut jumlah yang mirip dengan tebusan yang awalnya dipungut di Acer oleh afiliasi REvil setelah penyusupannya ke jaringan Acer. Jika Acer menolak untuk menyetujui persyaratan mereka, REvil mengatakan uang tebusan akan meningkat menjadi 100 juta dollar AS.

Geng ransomware REvil mengklaim telah mencuri desain teknologi paling rahasia termasuk Apple laptop dari Quanta Computer. Waktu pernyataan publik REvil juga bertepatan dengan acara peluncuran terbaru Apple, di mana Apple memperkenalkan iPad Pro yang diperbarui, pelacak gadget AirTags yang telah lama ditunggu-tunggu, dan Apple Silicon iMac pertama.

Belum diketahui apakah penyerang memperoleh dokumen untuk klien Quanta lainnya. Selain Apple, perusahaan Taiwan tersebut juga memproduksi perangkat atas nama HP, Facebook, dan Google.

Sumber : The Register

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.