Privasi & Data Pribadi

Google akan Hapus Otomatis Data Pengguna

Internet Sehat : Angin segar bagi data dan privasi pengguna baru saja ditiupkan oleh Google. Google mengatakan akan menghapus secara otomatis data pengguna setelah jangka waktu tertentu.

Dengan demikian, Google mengubah pengaturan default-nya untuk secara otomatis menghapus beberapa data yang dikumpulkan tentang pengguna. Aktivitas web dan aplikasi, termasuk log pencarian situs web dan halaman yang dikunjungi, serta data lokasi, sekarang akan dihapus setelah 18 bulan. Histori YouTube, termasuk klip mana yang ditonton dan berapa lama klip tersebut ditonton akan dihapus setelah 36 bulan.

Namun, perubahan ini hanya berlaku untuk akun baru, meskipun pengguna yang sudah ada atau pengguna lama akan segera ditampilkan permintaan baru untuk menyesuaikan pengaturan mereka.

Pengumuman ini muncul ketika Google dan upaya pengumpulan data perusahaan besar lainnya serta praktik bisnis mereka menghadapi peningkatan pengawasan.

The Wall Street Journal telah melaporkan bahwa Departemen Kehakiman AS akan bertemu dengan jaksa agung negara bagian akhir pekan ini untuk membahas rencana untuk menghukum Google karena perilaku anti-persaingan, termasuk dugaan telah menyalahgunakan dominasinya dalam pencarian online. Paada hari Selasa yang lalu, pengadilan Jerman memberlakukan pembatasan pada data yang dikumpulkan Facebook tentang pengguna lokal, karena khawatir telah menyalahgunakan posisi pasarnya di antara jejaring sosial.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Getty Images

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.