Jadi Kanal Kolaborasi Literasi Digital, Podcast Rembuk Nusa Diluncurkan

Bandung (21/12/2022), ICT Watch dan Commonroom Indonesia bersama jejaring mitra Siberkreasi, Portkesmas dan Relawan TIK meluncurkan Podcast Rembuk Nusa di ujung 2022. Podcast ini akan menjadi kanal berbagi cerita dan kolaborasi gerakan literasi digital di berbagai daerah.

Indriyatno Banyumurti selaku Direktur Eksekutif ICT Watch menyampaikan bahwa gerakan untuk meningkatkan literasi digital ini sudah banyak dilakukan berbagai pihak. “Kolaborasi lintas sektor ini merupakan salah satu upaya penguatan agar gerakan literasi digital di Indonesia makin masif” ungkapnya.

Gustaff Harriman Iskandar, Direktur Eksekutif Commonroom Indonesia, menambahkan, ”Penyediaan akses internet dan peningkatan kapasitas manusia dalam penggunaannya atau literasi digital sama-sama penting dan harus beriringan. Dua hal ini kita harus kerjakan bersama-sama”

Podcast episode pertama ini menghadirkan Nurliya, JaWAra Internet Sehat NTB, yang bercerita terkait inovasinya dalam memproduksi film “Bukan Galih dan Ratna” yang mengangkat isu literasi digital. “Banyak sekali cerita di balik pembuatan film ini. Namun melihat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak, saya dan teman-teman jadi termotivasi untuk terus berkarya dalam mengedukasi masyarakat terkait literasi digital” Tegasnya.

Peluncuran Podcast Rembuk Nusa ini digelar di CGV Mall BEC Bandung karena setelahnya akan dilanjutkan dengan “Nonton Bareng Film Literasi Digital” dengan menayangkan film “Bukan Galih dan Ratna”.

Film ini diproduksi oleh JaWAra Internet Sehat NTB dan Sambung Sinema. Bukan Galih dan Ratna bercerita tentang polemik dua anak milenial yang mencoba “bertahan hidup” diterpa hantaman dunia digital. Ratna korban hoaks berujung cyberbully. Galih, demi tuntutan sosial, terjerat pinjol ilegal. Trailer film tersebut dapat Anda saksikan pada tautan https://www.youtube.com/watch?v=3fYFXULb1vM

Peluncuran podcast Rembuk Nusa juga menghadirkan Keisha dari Common Room yang melakukan inisiatif Sekolah Internet Komunitas untuk mendorong pengembangan kapasitas masyarakat di berbagai daerah agar dapat mengembangkan infrastruktur internet di desanya. “Pengembangan infrastruktur internet harus dibarengi dengan edukasi masyarakat untuk pemanfaatan teknologinya. Sekolah Internet Komunitas mengajak kerjasa para pemangku kepentingan untuk dapat bersama-sama mendorong transformasi digital sampai ke pelosok Indonesia”

Podcast Rembuk Nusa akan melakukan siaran dari berbagai daerah di Indonesia sepanjang 2023, untuk mendengarkan cerita langsung dari para penggiat digital di sana. (BAS/mt)