Jambore Nasional 2022, Anak Muda Lawan Hoaks

Kenapa sih orang nyebarin hoaks? Bagaimana caranya agar kita bisa tahu mana hoaks dan mana yang benar? Bagaimana sebagai anak muda, kita bisa kasih tahun ke orang yang lebih tua ketika mereka membagikan hoaks?

banyumurti.my.id

Beberapa pertanyaan tersebut muncul, saat 150 orang Pramuka Penggalang hadir pada salah satu sesi dalam Workshop Literasi Digital di tengah-tengah acara Jambore Nasional 2022 – Cibubur yang berlangsung pada 15-19 Agustus 2022. Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, beserta para mitranya, turut berperan dalam rangkaian kegiatan jambore ini, dengan menghadirkan Pameran dan Workshop di Literasi Digital yang berlokasi di “Kampung Awan” kawasan Jambore Cibubur ini. Beragam materi terkait 4 Pilar Literasi Digital dihadirkan dengan mengundang beberapa orang narasumber, termasuk dari ICT Watch.

ICT Watch diminta untuk mengisi salah satu sesi di workshop Literasi Digital tersebut, dengan membawakan materi bertajuk “Anak Muda, Lawan Hoaks!”. Pramuka Penggalang yang berada di tingkat pendidikan SMP ini, mungkin tidak banyak yang terpapar hoaks, karena mereka mampu berpikir kritis saat menerima informasi. Akan tetapi, mereka juga perlu diberi bekal untuk dapat melihat ciri-ciri hoaks, cara melakukan verifikasi hoaks secara mandiri, sampai mengetahui bagaimana algoritma media sosial dapat membuat orang hidup di dalam ruang bergema (echo chamber) dan terjebak dalam era pasca-kebenaran (post-truth era).

Diharapkan dengan bekal pengetahuan ini, para Pramuka Penggalang yang hadir dapat ikut berperan serta untuk menjadi agen perubahan, khususnya dalam menangkal hoaks di lingkungan dan keluarganya. Selain materi tentang hoaks, di Workshop Literasi Digital yang berlangsung selama 5 hari ini juga disajikan beberapa materi lain seperti Berani Bicara di Dunia Digital, Cyberbullying, Videografi, Budaya Indonesia di Dunia Maya, Makin Cakap Digital biar Cuan, Keamanan Siber, dan Bikin Konten Podcast. Sementara di kelas Saka Milenial, pada kesempatan yang sama, para peserta juga dibekali materi tentang Internet of Things, yang menjadi tren pemanfaatan internet saat ini  

Untuk materi Lawan Hoaks dari ICT Watch, dapat diunduh pada tautan berikut: